Jika ada pihak mengatasnamakan PRMN yang memeras, menipu, dan melanggar kode etik, sampaikan pengaduan pada kami.

Menggali Potensi Pendidikan dari Gunung Halu

- 4 Maret 2019, 13:50 WIB
SEKRETARIS Daerah Provinsi Jawa Barat (kedua dari kiri) menabuh
SEKRETARIS Daerah Provinsi Jawa Barat (kedua dari kiri) menabuh

BANDUNG, (PR).- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa membuka Alqomariah Education Expo 2019 yang digelar Yayasan Pondok Karya Pesantren (YPKP) Al Qomariah, Sabtu 2 Maret 2019. Kegiatan ini merupakan ajang pameran pendidikan pertama yang digelar secara meriah dengan mengundang semua sekolah TK , SD, SMP, Tsanawiyah, SMA, dan Aliyah di sekitar Desa Tamanjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat serta mengundang peserta pameran dari luar wilayah Bandung Barat. Turut hadir Bupati Bandung Barat Aa Umbara, Danrindam III Siliwangi Kol. Inf. Indarto serta jajaran muspida dan muspika Kabupaten Bandung Barat.

Peserta Al Qomarian Expo 2019 selain dari YPKP Al Qomariah, juga diikuti oleh APIKES Bandung, IKIP Siliwangi, STIA Bandung, Secaba Rindam III Siliwangi, Lanud Husein Bandung, BNI, AN Cipta Travel, Jasa Raharja, KPUD, Widawedding, Qita Katering, tim PKK, para pelaku UKM serta peserta lainnya.

Iwa menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas keberadaan sebuah yayasan pesantren di daerah Gununghalu yang dulunya merupakan daerah terpencil dan bahkan sulit untuk dijangkau. “Namun saat ini sudah melahirkan satu yayasan pendidikan yang sangat berkomitmen menjaga kualitas para santri sehingga mampu meluluskan 100% santri dalam setiap ujian nasional dalam beberapa tahun terakhir,” ungkap Iwa.

Ia menegaskan ke depan pemerintah provinsi tentu akan mendukung setiap kegiatan di bidang pendidikan yang mengarah pada penciptaan  generasi muda yang siap kerja dan siap menghadapi tantangan zaman yang semakin mengglobal.

Pembina sekaligus pendiri yayasan Olih Komarudin yang juga merupakan salah satu tokoh ulama Jawa Barat menyampaikan bahwa Yayasan Pondok Karya Pesantren Al Qomariah didirikan dengan dilatarbelakangi semangat agar masyarakat di sekitarnya bisa mengecap pendidikan dan meraih cita cita setinggi mungkin, Ia juga menyampaikan bahwa saat ini berkat kerjasama seluruh team pendidik yang sudah cukup lama bergabung dalam yayasan maka Madrasah Al Qomariah sudah berhasil memperoleh akreditasi A.

“Para santri telah menunjukkan prestasi yang sangat membanggakan  di antaranya para lulusannya dapat melanjutkan pendidikan ke kampus kampus ternama seperti ITB, UIN, STKIP Siliwang, bahkan ke Universitas Al-Azhar di Kairo serta universitas di Jepang, dsb. Beberapa di antara lulusan siswa berprestasi saat ini ada yang telah menjadi ASN, guru, dosen, dokter, pengusaha, anggota DPRD, caleg dan juga anggota TNI. Hal ini semoga dapat memotivasi masyarakat untuk semakin peduli pada pendidikan putra dan putrinya,” kata Olih menguraikan.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara mengungkapkan rencana untuk menjadikan Desa Tamanjaya sebagai Destinasi Wisata Religi. Selain itu  bupati berharap kegiatan Al Qomariah Education Expo dapat menjadi agenda rutin tahunan untuk menunjang minat dan bakat siswa.

“Pemerintah daerah akan selalu mendukung kegiatan kreatif seperti ini sehingga akan melahirkan ‘santripreneur’ di kemudian hari yang dapat ikut berperan dalam pertumbuhan ekonomi di wilayah Bandung Barat,” ujar Aa Umbara.

Ketua Yayasan yaitu Kolonel Hikmat Zakky Almubaroq menekankan pentingnya pendidikan dalam menyongsong era globalisasi dan kesiapan menghadapi era baru yaitu smart society 5.0 sehingga anak anak yang merupakan generasi penerus bangsa siap dalam menghadapi tantangan perubahan di masa yang akan datang.***

Editor: Erwin Kustiman


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

Pikiran Rakyat Media Network

x