Jika ada pihak mengatasnamakan PRMN yang memeras, menipu dan melanggar kode etik, sampaikan pengaduan pada kami.

Uu Ruzhanul Ulum "Balik Kanan" Dukung Gerindra?

- 9 September 2019, 11:47 WIB
WAKIL Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.*/DOK. PR
WAKIL Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Di kalangan internal Partai Gerindra Jawa Barat, beredar isu Uu Ruzhanul Ulum “balik kanan”. Penafsiran itu diawali saat Uu menemui Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, pekan lalu.

Adanya pertemuan antara Uu dengan Prabowo ini dibenarkan Wakil Ketua DPD Gerindra Jabar, Daddy Rohanady. Dikatakan Daddy, dalam pertemuan yang digelar itu, tidak hanya Uu yang menemui Prabowo, melainkan juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarpa dan Ketua DPW PPP Jawa Barat yang juga Bupati Bogor, Ade Yasin.

“Untuk kepentingan apa para petinggi PPP merapat ke Gerindra? Banyak spekulasi berkembang setelah adanya pertemuan itu,” kata Daddy, Senin, 9 September 2019. 

Dikatakan Daddy, posisi Ade Yasin yang turut serta dalam pertemuan tersebut karena kapasitasnya sebagai Bupati Bogor. Dengan demikian, posisi Ade, kata Daddy, dianggap sebagai “penguasa wilayah”. Demikian juga dengan posisi Ketua Umum PPP Suharso Monoarpa yang jelas mengantar Ade Yasin.

“Bagaimana dengan posisi Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum? Ini yang menarik. Di internal Gerindra, ada yang menafsirkan pertemuan itu bagi Uu merupakan  ‘balik kanan’. Ketika menjadi pasangan calon kepala daerah Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum berada di kubu yang berbeda dengan Gerindra,” kata Daddy.

PPP, ditambahkan Daddy, pada pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 menjadi salah satu pengusung pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, sedangkan Gerindra dan PKS mengusung Sudrajat-Syaikhu.

“Mungkinkah Uu merasa tidak diberdayakan secara proporsional oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil? Benarkah ia merasa benar-benar hanya menjadi ‘ban serep’? Kalau ya, ini pasti membuat seorang Uu yang mantan Bupati Tasikmalaya itu tidak nyaman,” tuturnya.

Segala peran

Daddy menduga, sebagai mantan orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya, Uu biasa memainkan segala peran di daerahnya. Akan tetapi dalam posisinya saat ini, kata Daddy, bisa jadi kini Uu merasa kurang optimal dalam mengaktualisasikan konsep pembangunannya.

“Maka, jalan yang ditempuhnya adalah merapat ke Gerindra yang menjadi pemenang dalam pemilihan legislatif tingkat provinsi di Jawa Barat,” ujar dia.

Halaman:

Editor: Endah Asih


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

Pikiran Rakyat Media Network

x