Hari Jumat dan Keistimewaannya

- 3 Desember 2020, 23:01 WIB
Dedy Sutrisno Ahmad Sholeh
Dedy Sutrisno Ahmad Sholeh

Oleh Dedy Sutrisno Ahmad Sholeh

(Alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung)

HARI Jumat adalah "Sayyidul Ayyam" atau hari yang paling mulia dibandingkan dengan hari-hari yang lain. Oleh karena Hari Jumat adalah hari yang mulia, maka jangan dibiarkan berlalu begitu saja tanpa diisi dengan berdzikir dan beribadah kepada Allah Swt. 

  Mengingat keistimewaan hari Jumat, Rasulullah saw menyebut hari Jumat dengan "Sayyidul Ayyam" hari yang paling mulia, "Khairul Ayyam" hari yang paling baik, "Afdholul Ayyam" hari yang paling utama, bahkan keistimewaannya melebihi Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. 

  Sesuai dengan sabda Rasulullah saw, "Sesungguhnya hari Jumat adalah sayyidul ayyam (hari yang paling mulia) dan hari yang paling besar di sisi Allah bahkan lebih besar dari hari raya Idul Adha dan Idul Fitri. Pada hari itu terdapat lima peristiwa: Pada hari Jumat Nabi Adam diciptakan, diturunkan ke bumi serta diwafatkan. Pada hari itu terdapat waktu yang hanya sesaat, dan barangsiapa pada saat itu berdoa kepada Allah niscaya doanya akan dikabulkan  selama tidak meminta sesuatu yang diharamkan dan tidak akan terjadi kiamat melainkan pada hari Jumat.  Pada hari itu  tidaklah malaikat yang dekat kepada Allah, langit, bumi, angin, gunung dan lautan, melainkan semuanya merindukan datangnya hari Jumat”  (HR. Ibnu Majah).

Halaman:

Editor: Dodi Kabar Cirebon


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x