MPLS SMA/SMK Melalui Daring

- 13 Juli 2020, 05:30 WIB
Pengenalan Lingkungan Sekolah ilustrasi
Pengenalan Lingkungan Sekolah ilustrasi

SERANG, (KB).- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk tingkat SMA/SMK di Banten tahun ini, berbeda dengan sebelumnya. Alasannya, pelaksanaan pengenalan tersebut harus digelar secara daring, menyusul belum berakhirnya pandemi Covid-19.

Pelaksaana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten M Yusuf mengatakan, MPLS pada tahun ajaran 2020/2021 tingkat SMA/SMK di Banten dilakukan secara dalam jaringan (daring), Senin (13/7/2020). Hal itut, kata dia, dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan sekolah, sehingga tidak diperkenankan untuk melaksanakan MPLS dengan tatap muka.

"Pembelajaran di masa Covid-19 dalam rangka menjaga kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik dan stakeholder pendidikan. Pihak sekolah bersama guru tetap melaksanakan pembukaan di sekolah, dengan memperhatikan protokol kesehatan melalui daring," kata Yusuf saat dihubungi kepada Kabar Banten, Ahad (12/7/2020).

Ia mengatakan, peserta didik dapat mengikuti MLPS dengan tetap berada di rumah masing-masing, kemudian pihak sekolah memberikan informasi mengenai aplikasi yang akan digunakan. Selama MPLS, pihak sekolah akan memberitahukan tentang profil sekolah, serta pembelajaran yang akan dilaksanakan.

"Peserta didik mengikuti kegiatan MPLS di rumah masing-masing. Pembukaan dapat dilakukan secara simbolik di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan. Siswa mengenakan seragam sekolah saat mengikuti kegiatan tersebut," ujarnya.

Ia menuturkan, pembelajaran daring masih dilakukan sampai dengan Desember mendatang. Pihaknya juga terus mengikuti perkembangan Covid-19, saat ini sekolah yang boleh dibuka untuk melakukan tatap muka kalau sudah zona hijau.

"Kegiatan belajar mengajar peserta didik baru efektif pada Desember mendatang, hingga situasi sudah membaik karena anak sekolah rentan untuk berkumpul sehingga untuk mencegahnya dengan tidak dilakukan dengan tatap muka," tuturnya. (DE/YA)*

Editor: Kabar Banten


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x