Jika ada pihak mengatasnamakan PRMN yang memeras, menipu dan melanggar kode etik, sampaikan pengaduan pada kami.

Sebanyak 168.742 Peserta Lulus SBMPTN 2019

- 9 Juli 2019, 17:45 WIB
SBMPTN/DOK. PR
SBMPTN/DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Sebanyak 168.742 siswa lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Dari jumlah tersebut, sebanyak 119.777 merupakan calon mahasiswa non-Bidikmisi dan 48.965 orang lainnya calon penerima Bidikmisi. Mereka diterima di 85 PTN yang berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Menristekdikti, Mohamad Nasir, menuturkan, total peserta yang mengikuti ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) sebanyak 781.088 orang. Dari jumlah tersebut, 714.652 orang di antaranya mendaftar SBMPTN.

“Tapi daya tampung yang disediakan sangat terbatas,” kata Nasir dalam konferensi Pers Pengumuman Hasil SBMPTN di Kantor Kemenristekdikti, Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.

Ia menjelaskan, kuota SBMPTN mengacu pada Permenristekdikti Nomor 60 Tahun 2018. Yakni, kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40% dari total daya tampung program studi di masing-masing PTN.

“Untuk SNMPTN minimal 30% dan untuk Mandiri maksimal 20%. Dari total yang lulus SBMPTN tahun ini, sebanyak 84.444 calon mahasiswa bidang saintek, 82.294 bidang soshum, dan 1.904 orang yang memilih campuran,” kata Nasir.

Kepala LTMPT, Ravik Karsidi, menambahkan, secara umum, hasil SBMPTN tidak terpisahkan dari UTBK yang digelar secara nasional di beberapa PTN. Ia menegaskan, SBMPTN tahun ini berhasil menekan tingkat kecurangan.

“Apakah model ini menjadi yang terbaik? Baru kali ini tidak ada ditemukan kecurangan. Memang masih ada upaya curang, seperti memfoto soal dan disebarkan. Mereka menyangka bahwa soal yang dibagikan itu sama. Bahwa, sebenarnya soal yang kami sajikan berbeda-beda setiap kali ujian,” ujar Ravik.

Jumlah mahasiswa terbanyak

Berikut adalah 10 PTN dengan jumlah mahasiswa erbanyak dilihat dari keseluruhan jurusan:

Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

Pikiran Rakyat Media Network

x