Jika ada pihak mengatasnamakan PRMN yang memeras, menipu, dan melanggar kode etik, sampaikan pengaduan pada kami.

Greta Thunberg Nomine Nobel Perdamaian

- 15 Maret 2019, 20:51 WIB
GRETA Thunberg.*/GRETA THUNBERG INSTAGRAM
GRETA Thunberg.*/GRETA THUNBERG INSTAGRAM

NORWEGIA, (PR).- Pelopor dari gerakan protes kaum muda terkait perubahan iklim telah disiapkan untuk menerima penghargaan Nobel sekaligus memimpin gerakan protes global yang telah direncanakan di lebih dari 105 negara.

Seperti dilansir The Guardian, Jumat, 15 Maret 2019, Greta Thunberg, pendiri dari gerakan Perlawanan Pemuda-Pemudi Terhadap Perubahan Iklim, telah dinominasikan untuk menerima penghargaan Nobel Perdamaian.

Thunberg memulai aksi protes secara solo di Swedia pada bulan Agustus 2018 lalu di depan Gedung Parlemen Swedia. Sejak itu, aksi solonya telah menginspirasi para siswa di seluuh dunia. Aksi protes diperkirakan terjadi di 1.659 kota di 105 negara pada hari Jumat ini, melibatkan ratusan ribu pemuda-pemudi.

“Kami mengusulkan Greta Thunberg karena jika kita tidak melakukan apapun untuk menghentikan perubahan iklim, kelak akan terjadi perang, konflik, dan pengungsian akibat iklim yang berubah,” kata anggota parlemen Sosialis Norwegia Freddy André Øvstegård. “Greta Thunberg telah meluncurkan gerakan massa yang bagi saya merupakan kontribusi besar bagi perdamaian.”

“Saya merasa terhormat dan sangat berterima kasih atas pencalonan ini,” kata Thunberg lewat akun Twitternya seperti dikutip The Guardian.

“Esok hari kami akan #schoolstrike ( #aksimogokdisekolah) demi masa depan kita semua. Dan, kami terus melaksanakannya selama yang dibutuhkan,” cuit Greta. 

Ia secara pribadi sudah menantang para pemimpin saat KTT Iklim PBB pada akhir 2018 lalu dan juga di Davos pada bulan Januari 2019. “Perubahan iklim akan terjadi, terlepas dari mereka suka atau tidak,” katanya.

Para politisi nasional dan beberapa profesor universitas dapat mengajukan calon untuk penghargaan Nobel perdamaian yang akan dianugerahkan pada bulan Desember. Terdapat 301 kandidat untuk penghargaan tahun 2019: 223 individu dan 78 organisasi.

Pada tahun 2014, penghargaan perdamaian dianugerahkan kepada Malala Yousafzai, yang saat itu berusia 17 tahun.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Dapatkan konten ekslusif "Langganan
sekarang
dan tetap
up to date!"
Email Address:

Terpopuler

Kabar Daerah

Pikiran Rakyat Media Network

x