Heri Ditemukan Tewas di Bantaran Sungai Citarum

TKP

Selasa, 15 Januari 2019 | 12:51 WIB

190115125236-heri-.jpg

Engkos Kosasih

HERI Sumantri yang biasa dipanggil Soma (70) warga  Kampung Leuwidulang RT 04/RW 03 Desa Sukamaju, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung ditemukan tewas setelah terbawa hanyut aliran deras Sungai Citarum di Kampung Sinarsari RT 04/RW 03 Desa Majasetra, Kecamatan Majalaya, Selasa (15/1/2019) pukul 09.40 WIB. Sebelumnya, Heri merupakan warga Kampung Bojongrengas RT 01/RW 11 Desa Majasetra, namun setelah menikah dengan Fatimah menetap di Kampung Leuwidulang.

Jasad Heri Sumantri yang sehari-hari penambang pasir di Sungai Citarum itu pertama kali ditemukan warga setempat, Mimi (42) saat sedang menjemur pakaian di bantaran sungai yang tak jauh dari lokasi ditemukannya mayat tersebut.

Pantauan galamedianews.com, di lokasi temu mayat  langsung menjadi perhatian warga sekitar yang berdatangan ke lokasi. Jasad korban saat ditemukan posisi tubuhnya  tengkurab tertahan sampah di aliran sungai yang aliran airnya dangkal. Di bagian tumbuh mayat tersebut ditemukan sebilah golok, yang biasa dibawanya.

Jenazah Sumantri pun diangkat dari aliran Sungai Citarum ke bantaran sungai dan kemudian diletakkan di teras rumah warga untuk menunggu kedatangan dari Tim Identifikasi Polres Bandung untuk melakukan pemeriksaan terhadap jasad Sumantri.

Elis Hidayanti (41), mantu Sumantri mengatakan, mertunya itu pergi ke bantaran Sungai Citarum dari rumahnya pada Selasa pukul 07.00 WIB. "Suka dilarang keluarga jangan pergi ke bantaran Sungai Citarum, karena sudah tua. Tapi bapak tak bisa dilarang, karena dirinya mengaku sudah biasa pergi ke bantaran Sungai Citarum," kata Elis.

Elis mengatakan, korban sebelumnya pekerja penggali tambang pasir, sekali-kali ia mencari kayu bakar di bantaran Sungai Citarum. Bahkan saat pergi meninggalkan rumah, Sumantri membawa golok yang biasa digunakan untuk mencari kayu bakar.

Mimi yang pertama kali menemukan jasad korban menjelaskan, sebelum dipastikan mayat yang ditemukan atas nama Sumantri itu, saksi memperkirakan awalnya yang terbawa hanyut itu bantal.

"Tapi, kelihatan memakai pakaian. Ternyata yang ditemukan itu orang, bukan boneka," kata Mimi.

Kapolsek Majalaya, Kompol Sumaryoto melalui Panit Satu Reskrim Ipda Sukiman mengatakan pada jasad korban tidak tanda-tanda kekerasan pada tubuh mayat tersebut. "Diduga korban terpeleset saat berada di bantaran Sungai Citarum. Mungkin saja, saat berada di bantaran sungai merasakan pusing, kemudian terpeleset dan jatuh ke sungai. Saat pergi dari rumah, menurut penuturan keluarga korban, korban  dalam kondisi kurang sehat," katanya.
 
Setelah diperiksa Tim Identifikasi Polres Bandung, jenazah Sumantri dilarikan ke RSUD Majalaya untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR