180913170053-sekel.jpg

Laksmi Sri Sundari

Sekeluarga Bawa Kabur 500 gram Perhiasan Emas dan Barang Berharga Majikan

TKP

Kamis, 13 September 2018 | 17:00 WIB

Wartawan: Laksmi Sri Sundari

AKSI pencurian dengan modus berpura-pura  menjadi asisten rumah tangga (ART) kembali terjadi di wilayah hukum Polres Cimahi. Kali ini satu keluarga yang terdiri dari bapa, ibu, dan anak berhasil membawa kabur perhiasan emas seberat 1/2 kg serta barang berharga lainnya milik majikannya.

Para pelaku tersebut yakni, Amung Mulyana (58), istrinya Cucu Saryatin (43) dan anaknya Andri Putra Jaya (20). Mereka berhasil diringkus anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Cimahi di daerah Purwakarta lima hari setelah aksi pencurian. Sementara Kejadian pencurian sendiri berlangsung tanggal 4 September 2018 di Jalan Sriwijaya Kota Cimahi, saat pemilik rumah yang merupakan majikan pelaku tidak ada di rumah.

Kasat Reskrim Polres Cimahi AKP. Niko N. Adiputera menjelaskan, keberhasilan pengungkapan kasus berawal dari laporan polisi pada tanggal 4 September 2018 yang ditindaklanjuti dengan dilakukan penyelidikan dan penyidikan.

"Lima hari kemudian kami berhasil menangkap tiga orang pelaku, dua laki-laki dan satu perempuan di kawasan Plered Kabupaten Purwakarta. Ketiganya merupakan satu keluarga dengan status ayah, ibu, dan anak," ujarnya di Mapolres Cimahi Jln. Amir Mahmud Kota Cimahi, Kamis (13/9/2018).

Dalam aksinya, tersangka Cucu berpura-pura menjadi pembantu di rumah korban. Sementara suami dan anaknya yang mengambil barang-barang berharga, setelah Cucu mencurinya dari rumah majikannya.

"Dia (Cucu) bekerja sebagai asisten rumah tangga selama 4 bulan. Tanggal 4 September melakukan aksi dengan perencanan yang sudah diperhitungkan, lalu kabur ke Purwakarta," beber Niko.

Mereka kabur dengan membawa sejumlah barang berharga milik majikannya, diantaranya  1/2 kg emas dan barang berharya lainnya seperti 2 Handphone, 2 laptop, dan 1 unit sepeda motor.

"Sebagian barang tersebut mereka jual untuk membeli perabot rumah tangga seperti kursi, lemari, dan parabola. Mereka juga membeli motor," katanya.

Dari barang yang diambil, saat diamankan pihaknya masih menemukan sekitar 114 gram emas yang belum terjual. "Uang hasil penjualan emas juga dipakai berlibur ke tempat wisata seperti pantai di Sukabumi," ujarnya.


Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR