180909212200-pasca.jpg

merdeka.com

Pasca Kecelakaan di Sukabumi, Polisi Temukan 21 Bus Tidak Laik Jalan di Tol Ciawi

TKP

Minggu, 9 September 2018 | 21:22 WIB

Wartawan: Dadang Setiawan

POLRES Bogor bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan bus yang melintas di Gerbang Tol Ciawi KM 45 arah Puncak-Sukabumi, Minggu (9/9/2018).

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan seperti yang terjadi di jalur alternatif Cikidang-Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Sabtu (8/9/2018) kemarin yang mengakibatkan 21 orang meninggal dunia dan 17 orang lainnya mengalami luka berat.

Dalam pemeriksaan di tol ciawi sendiri, ebanyak 21 kendaraan bus didapati dalam kondisi tidak laik jalan.

Kasat Lantas Polres Bogor, Ajun Komisaris Hasby Ristama mengatakan, pihaknya mendapati dua kendaraan bus yang tidak laik beroperasi, seperti tidak dilengkapi dengan rem tangan dan surat-surat kendaraan.

Polisi, sambung Hasby, langsung mengambil tindakan tegas dengan menyuruh sopir bus untuk memutarbalikkan kendaraannya. "Ada dua bus yang kami tindak karena tidak laik jalan. Nggak dilengkapi rem tangan," ucap Hasby.

Menurut Hasby, seperti dilansirkan merdeka.com, selain memeriksa kelaikan kendaraan, petugas juga mengecek instrumen lainnya, seperti kondisi ban serta surat-surat kendaraan.

Polisi tidak akan mentolerir kendaraan-kendaraan yang bermasalah untuk melanjutkan perjalanannya ke kawasan Puncak atau Sukabumi. Meski, bus-bus tersebut sudah terisi oleh penumpang yang sebagian besar ingin berwisata.

Dia pun meminta kepada pihak perusahaan otobus (PO) untuk memperhatikan kondisi bus yang diberangkatkan serta mengganti kendaraan dengan yang laik jalan.


Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR