180709162137-aksi-.jpg

Whisnu Pradana

Penjaga toko, Murni.

Aksi Satu Keluarga Curi Tas di Cimahi Mall Tertangkap Kamera CCTV

TKP

Senin, 9 Juli 2018 | 16:21 WIB

Wartawan: Whisnu Pradana

SEORANG ibu mengajak dua orang anaknya yang sudah dewasa bersama dua orang cucunya melakukan aksi pencurian di sebuah toko tas impor di Cimahi Mall.

Aksi pencurian yang terjadi pada hari Sabtu (7/7/2018), sekitar pukul 18.00 WIB, terekam kamera CCTV toko. Terlihat sangat jelas pada rekaman CCTV bagaimana gerak-gerik keluarga itu ketika melakukan aksi pencurian.

Menurut keterangan penjaga toko, Murni (28), aksi pencurian tersebut terjadi pada saat kondisi toko sedang agak ramai oleh pengunjung. Lantaran ia berjaga sendirian, pengawasan terhadap para pengunjung menjadi sedikit kendor.

"Karena sedang banyak pengunjung, jadi saya juga engga fokus sama barang-barang yang dipegang orang yang datang. Apalagi ibu-ibu yang beli tas itu kan tanya harga dan ganti-ganti model yang mau dilihat," ungkap Murni saat ditemui di Cimahi Mall, Senin (9/7/2018).

Mengenai kronologis pencurian tersebut, Murni menceritakan pelaku dewasa yang berjumlah tiga orang, datang ke toko tempatnya bekerja untuk melihat-lihat tas sambil menawar.

Murni mengaku sempat beberapa kali bertemu dengan pelaku yang datang ke toko tas 'Fuffy Collection' itu, namun belum pernah membeli tas.

"Pelakunya itu tiga orang perempuan, kalau dari penampilan tidak menyangka mereka mau mencuri. Sering lihat kesini atau ke toko lain, tapi kalau ke toko tas ini belum pernah beli, hanya tawar-tawar barang saja," katanya.

Menurut Murni, setiap pelaku memiliki peran yang berbeda-beda. Hal itu ia sadari ketika seorang pelaku bertugas melihat-lihat tas di sisi kiri toko, pelaku lainnya melihat kondisi toko, dan si ibu yang diperkirakan otak pencurian bertugas mengambil tas dari rak toko.

"Jadi tidak semua langsung melakukan pencurian, mereka bagi-bagi tugas. Kalau saya kan fokus ke pelaku yang satu, soalnya dia tanya warna dan harga tas. Si ibu itu yang ambil barang. Kalau anak kecil yang mereka bawa bikin ribut di toko," tuturnya.

Cukup lama para pelaku melakukan tawar menawar sambil melancarkan aksinya, kemudian satu persatu meninggalkan toko. Saat kondisi toko sudah mulai sepi, dirinya menyadari ada dua tas yang hilang dari tempatnya.

Melihat pada CCTV yang ada di toko tersebut, seorang pelaku mengambil tas lalu mengoper tas curian itu ke pelaku lainnya yang kemudian buru-buru keluar dari toko.

"Saya sadar itu waktu mau membereskan tas yang sudah dilihat pelanggan. Saya minta cek CCTV ke bos, ternyata memang mereka pelakunya. Jelas sekali kalau si ibu pegang tas dari rak di toko," jelasnya.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR