180709135738-diang.jpg

Whisnu Pradana

Dianggap Meresahkan Masyarakat, Sejumlah Preman di Cimahi Dirazia

TKP

Senin, 9 Juli 2018 | 13:57 WIB

Wartawan: Whisnu Pradana

Satuan Sabhara Polres Cimahi merazia sejumlah preman, khususnya yang nongkrong di pasar, terminal, dan di lingkungan industri. Mereka kerap meresahkan masyarakat.

Penertiban premanisme tersebut demi memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat di lingkungan para preman tersebut berada.

Patroli premanisme sendiri dilaksanakan pada hari Sabtu (7/7/2018), dengan lokasi sasaran diantaranya sekitaran jalan Amir Machmud dan Jalan Mahar Martanegara. Pada patroli tersebut polisi mengamankan sejumlah preman pasar dan preman terminal.

Kemudian patroli dilanjutkan pada hari Minggu (8/7/2018), dengan sasaran wilayah Baros, Jalan Sriwijaya, dan jalan Gandawijaya. Pada hari kedua pelaksanaan patroli, pihak kepolisian mengamankan 11 orang preman pasar, preman terminal, dan tukang parkir liar.

Kepala Sat Sabhara Polres Cimahi, AKP Oeng Hoeruman, mengatakan patroli tersebut selain untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat Kota Cimahi, juga dilaksanakan menjelang perhelatan Asean Games pada Agustus nanti.

"Razia dilakukan karena preman-preman itu sudah banyak meresahkan masyarakat. Sekitar 20 lebih preman kita amankan. Selain itu, razia ini dalam rangka perhelatan Asean Games, intinya semua daerah harus clear dari premanisme," ujar Oeng saat dihubungi, Senin (9/8/2017).

Menggunakan satu unit truk Sat Sabhara, para preman yang berhasil diamankan dari beberapa lokasi, kemudian dibawa ke Mapolres Cimahi dan untuk diberikan pembinaan agar tidak kembali melakukan hal yang meresahkan masyarakat.

"Kita angkut dulu ke Mapolres, kita lakukan pendataan identitas, lakukan pemeriksaan latar belakang, dan kita berikan pembinaan fisik maupun yang lainnya. Mereka tidak boleh kembali menjadi preman lagi setelah keluar dari sini" terangnya.

Oeng mengatakan, jika apa yang dilakukan para preman dalam kesehariannya ada yang mengarah pada unsur kriminal, maka pihaknya langsung melimpahkan ke Satuan Reserse Kriminal Polres Cimahi untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

"Tapi kalau tidak ada unsur kriminalnya kami hanya melakukan pembinaan saja dan kami juga akan terus melakukan pemantauan," ujarnya.

Untuk antisipasi adanya tindak kriminalitas lainnya, Oeng menegaskan pihaknya akan melakukan razia premanisme setiap hari ke seluruh wilayah Kota Cimahi.

"Kami setiap hari melakukan razia preman untuk antisipasi adanya gangguan kriminalitas agar kondisi Kota Cimahi bisa aman dan kondusif," tegasnya.

Editor: Rahmat Sudarmaji

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR