180614174028-berni.jpg

sindonews.com

Berniat Merampok Bank, 5 Terduga Teroris di Blitar Diciduk Densus 88

TKP

Kamis, 14 Juni 2018 | 17:40 WIB

Wartawan: H. Dicky Aditya

TIM Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap lima terduga teroris di Kecamatan Bajang Talun, Blitar, Jawa Timur, Rabu (13/6/2018). Mereka disinyalir hendak melakukan sejumlah aksi teror di Blitar.

"Densus 88 Antiteror mengamankan lima terduga teroris di Blitar. Mereka ini merupakan anggota JAD Blitar," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera ketika dikonfirmasi, Kamis (14/6/2018).

Kelima terduga teroris ditangkap sekitar pukul 20.13 WIB di tiga lokasi berbeda. Satu di antaranya berprofesi sebagai dokter umum. Kelimanya yakni AR, MSZ, dr NH, HW dan K.

Dari hasil pemeriksaan sementara, mereka berencana melakukan aksi teror dengan sasaran Mapolsek Bajang Talun. Selain itu, mereka juga akan melakukan fai atau perampokan.

"Rencana menyerang Polsek Bajang Talun dan perampokan bank yang ada di Blitar," katanya.

Dalam operasi tersebut, Densus 88 juga menyita barang bukti berupa satu pucuk senjata api jenis FN dan delapan peluru kaliber 9 mm dari tangan AR. Senjata itu rencananya akan digunakan untuk amaliyah atau aksi teror.

Saat ini, kelima terduga pelaku sudah diamankan di Mako Brimob Polda Jatim guna pemeriksaan secara intensif dan pengembangan terhadap jaringan teroris lainnya.

Sementara itu, Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha mengungkapkan terduga teroris yang diamankan di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, berencana menyerang markas polisi dan bank. Itu terungkap dari hasil pemeriksaan buku catatan milik terduga teroris.

"Ada beberapa catatan yang kami temukan. Dalam catatannya itu, salah satu yang menjadi sasaran adalah polisi di Blitar, dan targetnya Polsek Talun, dan salah satu bank itu yang ditulis yang akan dilaksanakan pada tanggal tertentu, jadi masih dalam perencanaan," katanya.

Petugas telah menemukan catatan tersebut dalam penggeledahan yang dilakukan di tiga titik. Ada lima orang yang diamankan oleh Tim Densus 88 Mabes Polri pada Rabu (13/6) malam di tiga lokasi berbeda, antara lain tiga orang di Kelurahan/Kecamatan Talun, satu orang di Kecamatan Gandusari dan satu lagi di Kecamatan Wlingi.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR