Penangkapan Polisi Gadungan, Polsek Ibun Imbau Ortu Tak Izinkan Anak Kendarai Sepeda Motor

Engkos Kosasih

Penangkapan Polisi Gadungan, Polsek Ibun Imbau Ortu Tak Izinkan Anak Kendarai Sepeda Motor

TKP

Minggu, 14 Januari 2018 | 09:19 WIB

Wartawan: Endan Suhendra

POLSEK Ibun berhasil membekuk DH (35) yang mengaku sebagai anggota polisi dan kerap melakukan penipuan/penggelapan kendaran bermotor dengan sasaran pelajar sekolah dan anak di bawah umur yang mengendarai sepeda motor. Sementara 1 orang lainnya diketahui masih dibawah umur, sedangkan 1 lainnya masih buron.

Penangkapan kedua pelaku dilakukan pada Selasa (9/1/2018) lalu di daerah Parakan Muncang. Pelaku ini diketahui sering melakukan aksi kejahatannya di beberapa lokasi seperti Ibun, Majalaya, Paseh, Cikancung, dan Garut.

Baca Juga: Polsek Ibun Serahkan Motor Milik Korban Perampasan

"Modusnya tersangka mengincar pelajar SMP di tempat keramaian dengan cara menanyakan surat-surat kendaraan motor. Kalau tidak bawa surat, dia bilang dari polisi setempat, dan si korban diberitahukan untuk mengambil ke polsek setempat. Setelah korban ke Polsek motor tidak ada karena dia bawa kabur oleh pelaku," kata Kapolsek Ibun, Iptu Asep Dedi saat on air di PRFM, Minggu (14/1/2018).

Dari penangkapan tersebut polisi mengamankan beberapa barang bukti salah satunya sepeda motor hasil rampasan pelaku. Sementara barang bukti lainnya masih dilakukan pencarian. Menurut Iptu Asep saat melakukan aksinya pelaku tidak menggunakan seragam dinas. Mereka pun diketahui sering mengincar korban di jam-jam keluar anak sekolah.

Baca Juga: Polisi Gadungan Diciduk Saat Sedang Tertidur

"Pelaku tidak menggunakan seragam, namun dalihnya anggota polsek. Kalau ada razia biasanya dilengkapi surat tugas dan dilengkapi petugas dengan baju dinas," sambung Asep.

Agar kejadian serupa tidak terjadi di kemudian hari Iptu Asep pun mengimbau kepada orang tua untuk tidak memberi izin kepada anak membawa kendaraan terutama bila belum memperoleh surat izin kendaraan.

Baca Juga: Polsek Ibun Ringkus Polisi Gadungan Penipu Anak-anak

"Kami imbau tidak mengizinkan anak menggunakan kendaraan motor karena khawatir kejadian serupa terulang di kemudian hari," tandasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR