180608131925-astaf-siap-sukseskan-asian-games.jpg

dok

Astaf Siap Sukseskan Asian Games

Sport

Jumat, 8 Juni 2018 | 13:19 WIB

Wartawan: Ferdy Soegito Putra

UNTUK menyukseskan jalannya pertandingan sepak takraw pada Asian Games XVIII/2018 di Palembang, Asian Sepak Takraw Federation (Astaf) akan ikut menyiapkan perangkat pertandingan dengan maksimal.

Presiden ASTAF sekaligus Sekjen Federasi Sepak Takraw Dunia (Internasional Sepak Takraw Federation), Dato Abdul Halim bin Kader mengatakan akan menyiapkan lebih dari 100 petugas teknik. Dari jumlah tersebut, seiar  40 persennya merupakan warga Indonesia.

Tidak hanya petugas teknik, menurutnya ASTAF juga akan memberikan kesempatan bagi pengadil (wasit) yang sudah memiliki lisensi tingkat Asia dan Nasional (Indonesia) untuk memimpin laga di Asian Games XVIII

"Setidaknya kita akan berikan kesempatan bagi 16 wasit asal Indonesia yang sudah memiliki lisensi ASTAF, ditambah dengan 24 wasit yang berlisensi nasional, sisanya akan diisi negara-negara peserta," kata Dato saat dihubungi galamedianews.com, Jumat (8/6/2018)

Dato mengatakan,  pemberian kesempatan kepada para pengadil asal Indonesia ini juga merupakan salah satu bentuk kepercayaannya terhadap tuan rumah Asian Games XVIII.

Ia pun menilai jika Indonesia telah berjuang keras dalam mempersiapkan seluruh venue yang akan digunakan oleh seluruh kontingen Asian Games pada tanggal (18/8/2018) nanti.

"Kami akan menjaring pengadil terbaik yang miliki pengalaman di Nasional dari seluruh provinsi-provinsi, kami akan memberi banyak dan ini pertama kali bagi tuan rumah," ujarnya.

Akan tetapi untuk memberikan sikap sportif, pihaknya juga tetap akan mengawasi seluruh perangkat dalam pertandingan (wasit) ketika sedang bertugas.

"Selain pandai, kita ingin para wasit nanti bisa menjalankan tugasnya dengan adil. Kalau ada match fixing atau hal lainnya tentu akan tindak tegas. Kami tidak akan ragu untuk memberhentikannya," ujarnya.

Di Asian Games, sepak takraw akan mempertandingkan sebanyak enam nomor pertandingan. Terdiri dari empat nomor di kelompok putra yakni tim, double, regu dan quadrant, serta dua nomor di kelompok putri yakni tim double dan quadrant.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR