Marquez Menangi GP Jepang, Honda Juara Konstruktor

Sport

Minggu, 20 Oktober 2019 | 21:15 WIB

191020211649-marqu.jpg

motorsport.com

MARC Marquez tak mendapatkan perlawanan berarti untuk menjuarai Grand Prix Jepang di Twin Ring Motegi, Minggu, serta membawa Honda menjadi juara konstruktor 2019.

Pebalap asal Spanyol dari tim Repsol Honda itu start dari pole position dan memimpin sepanjang lomba hingga menjadi yang pertama menyentuh garis finis 0,870 detik di depan rival terdekatnya, Fabio Quartararo dari tim Petronas Yamaha SRT, demikian laman resmi MotoGP.

Hasil tersebut menjadi kemenangan beruntun Marquez di empat balapan terakhir serta ketiga kalinya di Twin Ring Motegi di kelas premier.

Setelah Marquez mengunci gelar juara dunia pebalap di Thailand dua pekan lalu, kini kemenangan pebalap bernomor 93 di Jepang itu membawa Honda mengunci gelar juara dunia konstruktor 2019 lewat keunggulan 86 poin dari sang rival Ducati dengan tiga balapan tersisa.

Tinggal satu gelar lagi yang harus diraih Marquez, yaitu juara tim, agar bisa mengawinkan tiga mahkota juara bagi Honda musim ini.

Sementara itu, Quartararo finis runner-up serta dinobatkan menjadi rookie terbaik musim 2019 mengalahkan Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar.

Andrea Dovizioso (Ducati), yang start dari P7, menunjukkan penampilan impresif di separuh akhir lomba hingga melesat ke peringkat tiga untuk naik podium ke-100 kali dalam karirnya.

Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) kewalahan di awal balapan, di saat pemilihan ban menjadi kendala bagi para pebalap, sebelum memperbaiki posisinya hingga sempat melancarkan serangan kepada Dovizioso di sembilan lap terakhir.

Namun, Vinales harus puas finis di P4 sementara rekan satu timnya, Valentino Rossi, terjatuh di empat lap terakhir ketika berada di peringkat ke-10.

Cal Crutchlow (LCR Honda) finis P5 di depan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT).

Sedangkan Alex Rins (Suzuki Ecstar) sempat terseok-seok di peringkat ke-13 di awal lomba hingga mampu berjuang untuk finis P7 di depan rekan satu timnya, Joan Mir.

Jack Miller dari tim Pramac Ducati mendapati start yang bagus hingga bertarung di baris terdepan namun pebalap Australia itu di separuh akhir lomba kehilangan posisinya dan harus puas finis P10.

Pebalap Jepang Takaaki Nakagami (LCR Honda) melakoni balapan terakhirnya musim ini di depan pendukung tuan rumah dan finis P16 sebelum menjalani operasi bahu dan digantikan oleh Johann Zarco di tiga seri terakhir.

Pebalap uji Sylvain Guintoli menggunakan tiket terakhirnya sebagai pebalap wildcard Suzuki dan finis di P20.

Editor: Endan Suhendra



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA