Kota Tasikmalaya Siap jadi Tuan Rumah Porprov XIV/2022

Sport

Senin, 14 Oktober 2019 | 20:17 WIB

191014202019-kota-.jpg


KOMITE Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat menyebut bahwa Kota Tasikmalaya sudah memiliki kesiapan untuk menjadi salah satu tuan rumah di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV tahun 2022.

Hal tersebut diungkapkan saat KONI Jabar melaksanakan Kordinasi Pendampingan Persiapan Tuan Rumah PORPROV XIV/2020, di Pendopo Kota Tasikmalaya, Kota Tasik Malaya, Senin (14/10/2019)

Seperti diketahui, melalui surat keputusan (SK) KONI serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, Kota Tasikmalaya akan menjadi salah satu tuan rumah Porprov XIV/2022 bersama Kabupaten Subang serta Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Hari ini kita ingin mendengar dan melihat langsung mengenai bagaimana kesiapan penyelenggara yang sudah ditetapkan oleh kami (KONI) dan Gubernur. Dan sekarang sudah kita pahami bahwa Kota Tasik sudah clear (siap)," kata Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin melalui siaran persnya, Senin.

Lanjut Ahmad, dalam penyelenggaraannya, Kota Tasikmalaya akan turut didukung oleh 5 kota/kabupaten yang berada di wilayah Priangan Timur, seperti Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

"Kelima kota/kabupaten penyangga tuan rumah Tasikmalaya sudah membagi venue. Mereka sudah menyiapkan tempat-tempat yang akan jadi bagian terpenting dari penyelenggaraan Porprov XIV/2022 mendatang," katanya.

Membahas mengenai kualitas, sarana ditiap venue. Kota Tasikmalaya disebut hanya perlu melakukan pengolesan agar venue bisa memenuhi standar. "Mereka lebih memanfaatkan venue yang sudah ada, tinggal diperbaiki lagi. Saya menilai tidak akan terlalu sulit karena kawasan yang digunakan, memang kawasan yang diperuntukan untuk olahraga tinggal direhab saja, yang dibangun dari nol juga tidak lebih dari dua venue," jelasnya.

Di Porprov XIV/2022, Kota Tasikmalaya serta kelima kabupaten/kota pendukung akan menjadi tuan rumah dari 16 cabang olahraga (cabor). Dan Kota Tasik sudah ditetapkan sebagai tempat pembukaan serta penutupan Porprov XIV/2022.

"Sudah wajar jika Kota Tasikmalaya menjasi bagian terpenting dari penyelenggaraan Porprov XIV/2022 mana kala Tasikmalaya akan menjadi tempat pembukaan serta penutupan Porprov XIV," katanya.

Sedangkan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengaku akan berusaha membangun serta memperbaiki venue-venue yang akan digunakan ke-16 cabor di Porprov XIV/2020. Bahkan semua venue diharapkan bisa berstandar khusus.

"Kita akan lebih fokus, sesuai dengan 16 cabang olahraga. Harus berstandar, tahun ini kita mulai. Tinggal nanti teknisnya kita sesuaikan karena masih ada waktu yang cukup untuk pembangunan. Karena menurut keterangan KONI, kita sudah di SK, kita sudah harus siap," pungkasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA