27 Tim Bola Voli Perguruan Tinggi se-Indonesia Ikut Semar Livoma III

Sport

Jumat, 4 Oktober 2019 | 19:28 WIB

191004192847-27-ti.jpg

net

Ilustrasi.

UNIT Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, akan kembali menggelar kejuaraan bola voli antar-mahasiswa tingkat nasional  di ajang "Sebelas Maret (Semar) Liga Voli Mahasiswa (Livoma)" III pada 6 - 13 Oktober 2019. Kegiatan ini untuk memperebutkan Piala Bergilir Kemenristek Dikti dan Piala Tetap Rektor UNS.

Sebanyak 27 Tim bola voli, terdiri atas 17 tim putra dan 10 tim putri dari 21  PTN dan PTS se Indonesia, yaitu UTP Solo, UIN Lamongan, UMS Surakarta, Univ Jenderal Ahmad Yani, UNP Kediri, UIN Malang, UIN Walisongo, STKIP PGRI Sumenep, UAD Bekasi, ASMI Surakarta, UMJ DKI Jakarta, UINSA Surabaya, UNISRI Surakarta, UNM Malang,  IKIP Veteran Semarang, Polbangtan Yoma, STKIP Ngawi, UN Sukabumi, UNAIR  Surabaya, UNSOED  Purwokerto dan tuan rumah UNS  Solo akan berlaga di kejuaraan itu.

Dosen Fakultas Kesehatan dan Olahraga (FKOR), pembina UKM  bola voli UNS, Deddy Whinata Kardiyanto, menjelaskan kepada wartawan di kampus FKOR Manahan, Jumat (4/10/2019), Livoma yang termasuk kalender kegiatan PBVSI, merupakan kejuaraan resmi khusus bagi mahasiswa antar-perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang memiliki tim bola voli. Kejuaraan ini, selain untuk menjaring atlet berbakat di cabang bola voli, juga untuk menjalin persahabatan dan mempererat silaturahmi antar mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia.

"Di kejuaraan Semar Livoma, para pemain nasional dan profesional meskipun berstatus mahasiswa tidak boleh ikut. Peserta Semar Livoma khusus untuk mahasiswa perguruan tinggi yang punya UKM bola voli," ujar Deddy yang didampingi pelatih tim UNS, Andri Asrul Setiyawan.

UNS yang tahun 2019 ini menggelar Livoma ketiga kalinya, menyatakan siap melaksanakan hajadan akbar yang mendapat sambutan luar biasa dari sejumlah perguruan tinggi peserta kejuaraan tersebut. Di Semar Livoma III yang digelar di GOR UNS Kentingan dan merupakan salah satu kegiatan rutin UKM bola voli UNS tersebut, kata Deddy, jumlah peserta yang semula dibatasi sebanyak 16 putra dan 8 putri akhirnya meningkat menjadi 17 putra dan 10 putri.

Penyelenggaraan Liga Voli Mahasiswa (Livoma) tahun 2019 tersebut, sambung dosen FKOR itu,  juga bertujuan menjadikan olahraga bola voli sebagai sarana interaksi sosial antara mahasiswa dengan masyarakat. Dia berharap, kegiatan olahraga ini juga dapat dinikmati masyarakat, bukan hanya pecinta bola voli di kalangan mahasiswa tapi semua masyarakat bisa datang.

Prestasi tim bola voli tuan rumah UNS sendiri di dua kali pagelaran Semar Livoma, di tim putri pernah sekali juara dan tim putra menempati posisi runner up. Pelatih Andri Asrul Setiyawan menargetkan, di kejuaraan kali ini tim UNS dapat meraih juara.

"Kami sudah melakukan latihan jauh-jauh hari dan juga latih tanding termasuk melawan klub Vita Solo. Harapan kami tim UNS bisa mencapai prestasi terbaik," tuturnya sambil menambahkan rival terberat di kejuaraan ini adalah tim bola voli UTP Surakarta.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA