Kejuaraan Bulutangkis Kapolda Cup II Jadi Ajang Promosi Kota Tasikmalaya

Sport

Jumat, 20 September 2019 | 16:05 WIB

190920160640-kejua.jpg

Septian Danardi

WALI Kota Tasikmalaya H. Budi Budiman menyambut baik sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Bulutangkis Kapolda Cup II di Gor Susi Susanti Komplek Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya. Event akbar ini sekaligus menjadi ajang promosi daerahnya kepada khalayak warga Jawa Barat yang datang dari 22 perwakilan Polres di Jabar.

"Kami sangat bahagia menjadi kota yang ditunjuk sebagai penyelenggara kejuaraan bukutangkis Kapolda Jabar Cup II. Sebab, selain bisa menciptakan sejarah dalam mencetak atlet berprestasi di bidang olahraga bukutangkis. Kota Tasikmalaya juga bisa menjadi salah satu kota yang bisa menjadi tujuan wisata," katanya, usai pembukaan Kejuaraan, Jumat (20/9/2019).

Menurutnya, para peserta dari seluruh wilayah Jawa Barat sebelum kembali ke daerah asalnya, bisa mencicipi kuliner khas Tasikmalaya. Hal ini jelas menjadi daya jual bagi Kota Tasikmalaya yang banyak ragam kulinernya. Selain itu, beragam kerajinan khas, mulai dari anyaman, batik, kelom geulis, payung geulis dan banyak lagi bisa menjadi oleh-oleh para peserta kejuaraan.

"Event ini bisa menjadi salah satu promosi Kota Tasikmalaya ke tingkat Jabar. Mudah-mudahan event bisa terus berkesinambungan tiap tahunnya. Sehingga bisa menjadi pendapatan Kota Tasikmalaya," katanya.

Budi menyebutkan, Susi Susanti merupakan atlet asal Tasikmalaya yang mengharumkan nama Bangsa Indonesia di dunia Internasional. Sehingga sangat diharapkan, event bulutangkis yang digelar di Tasikmalaya bisa menghasilkan pebulutangkis atau susi susi lainnya.

"Mudah-mudahan kejuaran Kapolda Cup menjadikan motifasi bagi atlet bulutangkis hingga mengharumkan nama bangsa Indonesia. Menjungjung tinggi sportifitas dilapangan juga ajang silaturahmi dan merekatkan tali persaudaraan. Melalui bukutangkis bisa mempersatukan bangsa. Event ini wadah pembentukan ahlak atlet muda berbakat khususnya club -club bulutangkis," katanya.

Sementara Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma'ruf mengatakan, Peserta atau atlet yang terjun dalam kejuaraan ini ada dari pasangan Polri, Polri dengan TNI, pasangan berprestasi, ganda putera dan ganda puteri serta ganda campuran dan tunggal

Dikatakanya kejuaraan ini bisa mencakup semua katagori. Pesertanya sendiri merupakan perwakilan tim dari 22 Polres jajaran Polda Jawa Barat. Diantaranya, Polres Tasikmalaya Kota, Polres Tasikmalaya, Indramayu, Sukabumi Kota, Kuningan, Garut, Karawang, Sukabumi, Bogor, Majalengka, Cianjur, Sumedang, Ciamis, Cirebon Kota, Cimahi, Bandung Kota, Purwakarta, Banjar, Cirebon, Subang dan Bandung.

"Jadi seluruh peserta ada dari 22 Polres mengirimkan timnya masing-masing. Baik dari kelas prestasi maupun katagori dari TNI-Polri. Babak penyisihannya sendiri sudah dimulai sejak Kamis (19/9/2019) dan dibuka hari ini Jumat (20/9/2019) oleh As SDM Kapolri Irjen Pol Drs. Eko Indra Heri, S., M.M. Sedangkan total hadiah kejuaraan ini lebih dari Rp 500 juta rupiah," katanya.

Ditambahkan Febry, masing-masing Polres mengirimkan timnya untuk mengikuti beberapa kelas pertandingan yang diperlombakan. Sementara waktu perlombaannya dari 19 September hingga 21 September.

Pada pembukaan, kata Febry, pertandingan eksibisi digelar dengan penampilan atlet internasional Taufik Hidayat berpasangan dengan As SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri melawan Wakapolda Jabar Brigjen Pol Ahmad Wiyagus berpasangan dengan Trikus. Di set kedua, pasangan tersebut bergantian posisi.

"Polres Tasikmalaya Kota menerjunkan 14 atlet. Diharapkan bisa meraih juara, apalagi sebagai tuan rumah," katanya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA