Dua Pesenam Bersaudara Jabar Siap Turun di BK PON

Sport

Kamis, 19 September 2019 | 17:49 WIB

190919172956-dua-p.jpg

ist

Atlet Senam Jabar, Wira Alkian Darona.

DUA pesenam bersaudara asal Kota Cimahi, dipastikan tampil pada babak kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan berlangsung pada bulan November, di Jakarta, mendatang. Kedua atlet tersebut adalah Wira Alkian Darona dan Yesi Vieryna Anggraeni Kana.

Sebelumnya, Wira merupakan atlet eks PON XIX/2016 Jabar. Kala itu ia telah berhasil menyumbangkan 1 medali perunggu bagi Jawa Barat. Sedangkan di Porda XIII/2018, Wira telah berhasil menyumbangkan 1 medali emas serta 1 medali perak bagi Kota Cimahi. Termasuk adiknya Yesi yang juga telah menyumbangkan medali yang sama di Porda XIII.

Meskipun usia Yesi terpaut cukup jauh dengan Wira, Yesi diketahui telah mewarisi bakat yang sama dengan sang kakak. Sehingga tidak heran jika kedua bersaudara ini selalu menjadi andalan bagi daerah.

Dalam menghadapi BK, kedua atlet senam andalan Jabar ini mengaku tengah melakukan beberapa persiapan, diantaranya, latihan bersama tim Pelatda Jabar, serta mengikuti kejuaraan seperti, 'Kejuarnas Senam Piala Ibu Negara 2019' di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pada Kejurnas Senam Piala Ibu Negara 2019, Wira telah berhasil meraih juara ke-2 dari nomor senam kreasi mewakili UPI Jabar. Sebelum mewakili UPI, Wira diketahui telah terpilih melalui ajang Kejurda Senam Kreasi, pada bulan April.2019. Disana ia berhasil menjadi yang terbaik se-Jawa Barat.

"Pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) kemarin saya berhasil mendapatkan juara dua nomor senam kreasi di Piala Ibu negara 2019 di Jakarta," jelasnya saat dijumpai galamedianews.com di Gedung Persani Jawa Barat, Jalan Tera, Kota Bandung, Kamis (19/9/2019).

Ia menuturkan, pada Piala Ibu negara 2019, kemarin. Wira telah bersaing bersama 34 tim yang berasal dari 22 Provinsi se-Indonesia. Dan secara peringkat, Jabar menempati posisi kedua setelah Jawa Timur. Sedangkan di peringkat ketiga ditempati oleh Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Selain melihat peta kekuatan lawan, ajang Kejurnas Piala Ibu Negara kemarin aku anggap sebagai salah satu ajang pemanasan untuk BK PON XX nanti di Jakarta. Termasuk menjaga kelenturan tubuh juga," ujarnya.

Di cabang olahraga senam, Wira merupakan atlet dengan spesialis alat gada, pita dan simpai (nomor ritmik). Sedangkan Yesi merupakan atlet dengan spesialis nomor artistik.

"Di BK nanti aku tampil di nonor ritmik, sedangkan adik aku di artistik. Mudah-mudahan di PON XX aku bisa dapat hasil yang maksimal dan lebih dari PON XIX di Jawa Barat," katanya.

Di PON XX/2020 Papua mendatang, Wira mengaku akan berusaha tampil maksimal dan mendapat medali emas. "Ini jadi keikut sertaan yang kedua kalinya di PON, maka dari itu aku akan tampil semaksimal mungkin," tegasnya.

Sama hal dengan Yesi, meskipun ini menjadi keikut sertaan yang pertama. Di BK PON nanti, ia optimistis bisa lolos dan memperoleh medali emas. Tidak hanya itu ia juga akan berupaya melebihi pencapaian Wira di PON XIX "Yang jelas akan tampil semaksimal mungkin lolos dan mendapat medali emas," pungkasnya.




Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA