Kejuaraan Nasional MLDSPOT Auto Gymkhana tahun 2019

Persaingan Menuju Juara Umum Semakin Sengit

Sport

Minggu, 15 September 2019 | 14:04 WIB

190915134251-persa.jpg

Para Peserta Kejurnas MLDSPOT Auto Gymkhana 2019 putaran ke-4 saat melaksanakan defile di Terminal Pasir Hayam, Kabupaten Cianjur, Sabtu (14/9/2019) malam.

KEJUARAAN Nasional (Kejurnas) MLDSPOT Auto Gymkhana tahun 2019 telah memasuki putaran ke-4. Persaingan para Pebalap untuk merebut tiket menuju Asia Auto Gymkhana Championship di Tailand pun semakin ketat.

Seperti diketahui, para peraih gelar juara umum Kejurnas MLDSPOT Auto Gymkhana tahun 2019, khususnya di kelas A Slalom akan diberangkatkan ke kejuaraan internasional Asia Auto Gymkhana di Thailand. Dan sekarang, dominasi raihan poin dari para pebalap baik di kategori putra maupun putri sudah mulai terlihat.

Sebelumnya Kejurnas MLDSPOT Auto Gymkhana tahun 2019 telah dilaksanakan di tiga tempat, yang pertama di Kota Bandung, lalu Tulungagung, dan Tegal. Sedangkan untuk putaran ke-4 Kejurnas Auto Gymkhana telah dilaksanakan di Terminal Pasir Hayam, Kabupaten Cianjur, Sabtu (14/9/2019) malam.

Saat menyaksikan aksi para pebalap di lintasan. Para pebalap yang berasal dari seluruh klub di Indonesia ini masih berhasil membuat para pecinta otomotive merasakan atmosphere serta ketegangan di sirkuit. Terlebih para pebalap harus mengalahkan rekor catatan waktu yang sudah diraih oleh lawan sebelumnya.

Tidak hanya itu, para pembalap pun telah dihadapkan dengan handicap-handicap yang rumit serta menantang di sirkuit ini. Pasalnya, selain membutuhkan 'speed' (kecepatan), juga dibutuhkan 'timing' (mommen) yang tepat untuk melakukan pengereman serta putaran 180°, hingga mencapai finish.

Maka tidak heran, beberapa pebalap Kejurnas MLDSPOT Auto Gymkhana tahun 2019 kerap kecolongan saat dihadapkan dengan handicap yang sudah di design sedemikian rupa.

Perwakilan MLDSPOT, Andri Yulandri, menuturkan bahwa race Kejurnas MLDSPOT Auto Gymkhana tahun 2019 putaran ke-4 di Cianjur semakin meriah. Karena turut juga di dukung oleh masyarakat dan komunitas pecinta otomotive di Cianjur.

Sehingga, kedepan, MLDSPOT akan terus mengakomodir serta mewadahi komunitas pecinta otomotive di setiap daerah yang akan disambangi."kita tetap akan mengakomodir dan mewadahi komunitas-komunitas otomotive khususnya di kota masing-masing seperti sekarang di Cianjur," jelas Andri saat dijumpai usai acara.

Lanjut dia, selain event race, Kejurnas MLDSPOT Auto Gymkhana tahun 2019 juga telah menyelenggarakan beberapa kompetisi yang menarik bagi para pecinta otomotive di Cianjur. Salah satunya event modivikasi dan audio.

"Ini disamping Kejurnas, kita adakan juga lomba modifikasi yang diadakan oleh para komunitas di Cianjur, dan sangat banyak yang ikut. Jadi lomba modifikasi itu ide yang keluar dari masing-masing komunitas, dan kemungkinan di tiap kota akan berbeda,"katanya.

Membahas mengenai evaluasi selama 4 putaran, ia menilai jika persaingan para pebalap sangat sengit. Bahkan para racer semakin tidak ragu untuk menampilkan skill-skill mengemudi terbaiknya.

"Untuk evaluasi di empat putaran termasuk Cianjur alhamdulillah sangat antusias dan para racer semakin memperlihatkan skill mereka di sirkuit yang sudah kita bikin ini," jelasnya.

Sedangkan Wakil Ketua Penyelenggara sekaligus, Perwakilan Genta Auto & Sport, Abed Nego Antoro, menuturkan bahwa perjalanan Kejurnas MLDSPOT Auto Gymkhana 2019 semakin menarik dari tahun sebelumnya. Terlebih, pihaknya telah melakukan perubahan bentuk sirkuit seperti leter 'Y' atau 'L'.

"Perjalan Gymkhana tahun ini lebih menarik dari tahun sebelumnya. Dan di thn ini kita mengadakan perubahan sirkuit, tidak harus kotak atau pajang. Kita juga bisa menampilkan sirkuit leter Y atau L, seperti di Tulungagung dan Tegal kemarin, kalau di Cianjur kita buat lebih 'tricky' jadi butuh keahlian," katanya.

Sedangkan untuk peta persaingan, menurutnya persaingan di kelas A pun semakin menegangkan. Karena juara umum di kelas tersebut akan di berangkatkan ke kejuaraan internasional tingkat Asia di Thailand.

"Kita jelas masih sama, ada 13 kelas, dan dari 13 kelas ini yang paling menonjol ada di kelas A, karena yg jurum akan otomatis diberangkatkan ke Asia Auto Gymkhana. Dan sekarang satu orang pebalap wanita sudah pasti kita kirimkan ke Thailand, sisanya 2 orang dari kategori putra," katanya.

Membahas mengenai jumlah starter, sekarang berjumlah 153 dan peserta terjauh berasal dari Bali dan Kalimantan. "Peserta masih dari seluruh Indonesia dan di Cianjur ini yang terjauh berasal dari Bali dan Kalimantan," jelasnya.

Sedangkan peraih gelar juara di putaran 1-4 di Cianjur, Katerine Ayuning Setiawan, mengaku sangat antusias dalam mengikuti race. Bahkan ia akan mengikuti seluruh rangkaian dari Kejurnas MLDSPOT Auto Gymkhana 2019.

"Tahun ini saya ikut full series, dan puji tuhan di putaran ke satu saya dapat peringkat pertama, di putaran kedua juga saya dapat peringkat pertama, putaran ketiga saya dapat peringkat kedua dan di Cianjur saya dapat peringkat pertama," katanya.

Mengingat Katerine selalu berhasil meraih catatan yang baik. Katerine sendiri akan diberangkatkan menuju kejuaraan Asia. "Ya insyaallah akan berangkat ke Asia Auto Gymkhana Championship di Thailand rencana berangkat kira-kira Oktober. Dan di Kejurnas saya akan ikut sampai final karna saya masih ada poin di kelas wanita," katanya.

Adapun hasil Kejurnas MLDSPOT Auto Gymkhana tahun 2019 putaran ke-4 kelas A (putra) diraih oleh Mario Claudio (Jabar) asal klub RST. Di ikuti Herdiko Setyaputra (DKI) dari klub Toyota Team Indonesia TRD serta, terakhir Auddy RG (Jateng) asal klub Barito Putera Racing Team di peringkat ketiga

Lanjut di kelas F (Modifikasi), pebalap yang sukses meraih peringkat pertama berasal dari Toyota Team Indonesia TRD dengan pebalap, Anjasara Wahyu (DKI), di ikuti Andrianza Yunial (DKI) diperingkat kedua, dan Addyek RG diperingkat ketiga dari Fastron Slalom Team (Jateng).

Untuk kelas B (Penggerak Roda Belakang), peringkat pertama diraih oleh Ricky Herdiana dari HJRT (Jateng), peringkat kedua diraih Hernada (Jabar), dan peringkat ketiga diraih Adrian Septianto dari HJRT (Jateng).

Sedangkan di kelas Seeded B, pebalap yang berhasil meraih peringkat pertama adalah Anandyo Dwiky asal DKI, lalu Tori Utomo, di peringkat kedua dan Kahfi Adhiatama di peringkat ketiga asal Predator Slalom Team (Jatim).

Kemudian pada kelas Pemula, pebalap yang berhasil menaiki podium diantaranya Henry boboy Fastron Slalom Team (DIY), lalu Wasrik (Jateng), Abghi Rezandi (Jabar). Di kelas A1, pebalap yang berhasil naik podium diantaranya Mario Claudio (Jabar) Valentino Ratulangi (Jabar) dan Adrian Septianto dari HJRT (Jateng).

Untuk sisanya dari mukai kelas A2 sampai B Open serta kategori wanita. Peringkat pertama, kedua dan ketiga telah berhasil di raih oleh beberapa pebalap lainnya yang berasal dari seluruh klub peaerta Kejurnas MLDSPOT Auto Gymkhana 2019.

Diketahui Kejurnas MLDSPOT Auto Gymkhana 2019 putaran ke-5 akan berlangsung pada bulan Oktober di Semarang. Setelah itu akan berlangsung di Bekasi dan Tasikmalaya sebagai destinasi terakhir.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA