Taekwondo Jabar Siap Hadapi BK PON 2020

Sport

Jumat, 13 September 2019 | 17:19 WIB

190913172008-taekw.jpg

dok

Ilustrasi

TIM Taekwondo Jawa Barat dipastikan siap menghadapi babak kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX cabang olahraga (cabor) Taekwondo yang akan berlangsung pada tanggal 26 September tahun 2019 di Tanggerang, mendatang.

Kepastian itu didapat usai Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengprov TI Jabar, Bayu Firmansyah, mengungkapkan bahwa format tim BK PON Jabar sudah terbentuk, namun belum di umumkan secara resmi kepada atlet.

Menurut Bayu, belum di umumkannya tim BK kepada para atlet bertujuan agar para atlet bisa terus mempertahankan semangat latihan dan daya saing di BK. Terlebih BK merupakan salah satu pintu agar atlet dapat mengikuti PON.

"Format tim inti dari pelatih sudah ada, hanya memang belum di umumkan secara resmi saja," kata Bayu saat dijumpai di Gedung KONI Jawa Barat, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jumat (13/9/2019)

Lanjut Bayu, di BK, Tim Taekwondo Jawa Barat akan diperkuat sebanyak 24 atlet. Adapun rinciannya, 16 atlet kyorugi sedangkan sisanya merupakan atlet nomor pomsaee. Sebagai catatan, jumlah tersebut belum termasuk dengan atlet yang akan tampil pada kelas tambahan di BK sekaligus Kejurnas mendatang.

"Untuk jumlah semua pasti sama, 16 atlet kyorugi, delapan atlet pomsaee. Tapi kan dari PB menyebut BK ini akan sekaligus dengan kejurnas jadi ada penambahan kelas khususnya di pomsaee dan freestyle, hanya memang belum ada surat saja," katanya.

Untuk melengkapi kelas-kelas tambahan, Pengprov tidak akan melaksanakan seleksi dan akan memanfaatkan para atlet yang berada di Tim Pelatda. Mengingat waktu menuju BK dan Kejurnas dinilai sudah sempit.

"Buat seleksi lagi tidak akan, kalaupun mau menarik tinggal panggil saja dari yang Pelatda. Karena waktunya sudah sempit juga sampai ke BK dan Kejurnas, yang di pertandingkan di PON untuk pomsae empat kelas, beregu putra/putri dan perorangan putra/putri," katanya.

Ia berharap di BK nanti, para atlet Jabar bisa menempati mibimal posisi 3 besar di setiap kelasnya. Sedangkan target lolos minimal 90% dari seluruh kelas yang dipertandingkan . "Harapannya kita semua kelas bisa lolos minimal 90-95%,"pungkasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA