Haornas 2019: Wagub Jabar Minta Olahraga Jadi gaya Hidup Masyarakat

Sport

Senin, 9 September 2019 | 12:17 WIB

190909121756-haorn.jpg

Ferdy Soegito Putra

MEMPERINGATI Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat ingin jadikan olahraga sebagai kebutuhan hidup masyarakat. Adapun tema yang di usung pada Haornas kali ini adalah 'Ayo Olahraga, di Mana Saja dan Kapan Saja'.

"Pertama saya ucapkan selamat Hari Olahraga Nasional, mari kita jadikan momentum Haornas untuk melaksanakan apa yang menjadi tujuan pada hari ini. Kita harus bisa menjadikan olaharaga sebagai kebutuhan hidup. Di mana pun, kapan pun kita harus bisa melaksanakan olahraga," kata Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, usai melaksanakan upacara peringatan Haornas 2019, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (9/9/2019).

Menurut Uu, mahal dan tidaknya olahraga tergantung dari masyarakat. Sekalipun tidak ada sarana dan prasarana (sarpra), olahraga harus tetap dilakukan, terlebih, olahraga merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan sebuah daerah.

"Olahraga adalah salah satu daya dorong untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan kesehatan merupakan faktor dominan dalam pembangunan, sukses dan tidaknya pembangunan antara lain adalah sehat tidaknya masyarakat," katanya.

Maka dari itu ia menegaskan bahwa akal yang hebat , akal yang brilian berada pada badan yang sehat.

"Maka sebuah keterangan menyatakan, akal yang sehat, akal yang hebat, yang berilian berada pada badan yang sehat badan yang kuat oleh karena itu olahraga sangat penting," tegasnya.

Pada momen yang sama, ia berharap agar Jawa Barat bisa unggul di setiap even olahraga, sama seperti jargonya selama ini yakni 'Jabar Juara'.

"Kita tahu, bahwa disini ada olahraga prestasi dan rekreasi, maka saya berharap, dengan adanya olahraga prestasi. Jawa Barat bisa menjadi juara dalam setiap even olahraga sesuai jargon kita 'Jabar Juara', termasuk di PON maupun Peparnas di Papua mendatang, mudah-mudaha," ujarnya.

Untuk mendukung visi 'Jabar Juara' di bidang olahraga, menurutnya Pemprov telah menganggarkan dana untuk menghadapi berbagai even. Dan anggaran tersebut dikatakan lebih besar dari tahun ini.

"Wujud dukungannya adalah adanya anggaran yang diberikan kepada KONI yang cukup lumayan dari pada tahun sebelumnya karena akan menghadapi PON. Kedua juga kepada NPCI, kita berikan bantuan, bukan hanya bantuan yg bersifat organisasi atau sarana dan prasarana saja, tapi untuk pelatda juga kita diberikan bantuan," katanya.

Maka dari itu, pun turut mengucapkan terima kasih kepada para insan olahraga yang sudah berhasil membawa nama hatum Jawa Barat baik di tingkat nasional maupun Internasional. Seperti halnya NPCI Jawa Barat pada beberapa waktu lalu.

"Kami pun ucapkan terima kasih kepada NPCI yang sudah menyumbang prestasi di tingkat Internasional. Kemarin dari 4 atlet Indonesia yang tampil di kejuaraan bulu tangkis (disabilitas) 3 di antaranya adalah atket Jawa Barat. Dan perlu di ingat atlet yang tergabung didalam NPCI pun itu adalah olahragawan Indonesia dan Jawa Barat," tandasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jawa Barat, Engkus Sutisna telah memanfaatkan momen Haornas 2019 sebagai momen kebangkitan olahraga di Jawa Barat. Pasalnya, Dispora telah mencanangkan beberapa program agar masyarakat lebih aktiv dalam berolahraga.

"Salah satu wujud dan bukti nyata kita dibulan ini adalah sampai bulan oktober kita punya program Gurak (Minggu Bergerak), itu dilaksanakan di setiap Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Selain itu tepat di hari peringatan Haornas ikita telah melakukan pencanangan 'Senam Bugar Jabar Juara'," katanya.

Menurutnya, 'Senam Bugar Jabar Juara' akan terus di gelorakan dan akan diregulasikan dengan pergub. Sehingga semangat visi 'Jabar Juara Lahir Batin Dengan Inovasi Serta Kolaborasi' tidak hanya terwujud dalam bidang pembangunan infrastruktur saja namun juga olahraga.

Sedangkan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Ahmad Saefudin, menginginkan agar seluruh masyarakat di Jawa Barat bisa vwrgerak dan berolahraga. Dan KONI sendiri akan mencoba melakukan sosialisasi twrsebut melalui KONI daerah.

"Kalau dari KONI sesuai dengan visi kita ingin seluruh masyarakat Jawa Barat bisa berolahraga, artinya bergerak lah. Dari mana kita mulai, tentu dari KONI-KONI daerah yang memberikan informasi. Jadi di setiap event kita berharap masyarakat di ikut sertakan, minimal mencoba dulu, lalu bisa, melihat, mencoba dan bisa," katanya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA