Percasi Jabar Siapkan Pecatur ke BK PON 2020

Sport

Rabu, 21 Agustus 2019 | 17:16 WIB

190821171736-perca.jpg

ISTIMEWA

PENGURUS Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jawa Barat terus genjot atletnya yang tergabung dalam Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) catur, yang dipersiapkan menghadapi babak kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua cabang olahraga Catur yang direncanakan pada bulan Oktober dan November.

Ketua Percasi Jabar Syarif Bastaman mengatakan, Pelatda catur ini sudah dilakuakn sejak bulan April lalu hingga sekarang, hal ini dilakukan untuk lebih mematangkan persiapan agar meraih hasil yang memuaskan pada BK nanti.

"Kita ingin meraih hasil yang memuaskan pada BK nanti, makanya kami sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan dari bulan April kita sudah mulai," jelas Syarif, saat ditemui di sekretariat Percasi Jabar, Jln PAdjajaran Bandung, Rabu (21/8/2019).

Syarig mengatakan, saat ini tim catur Jabar sudah memiliki tim inti, dimana Percasi Jabar telah menyiapkan 12 atlet catur, yang terdiri dari 7 atlet putra dan 5 atlet putri.

"Kita sudah melakukan beberapa seleksi untuk menentukan tim inti atau kuota, salah satunya beberapa waktu lalu, kita melakukan seleksi akhir dan M Lutfi Ali masuk tim Pelatda," katanya.

Pelatda sendiri dilakukan di daerah Kabupaten Garut, pemilihan kabupaten Garut sendiri karena untuk mencari suasana yang tenang, sehingga atlet juga melakukan latihan lebih konsen lagi.

"Kemarin kita melakukan latihan di Garut, disana atlet benar-benar melakukan latihan dengan baik dan progresnya juag terlihat, kemampuan atlet semakin meningkat lagi," paparnya.

Mengenai babak kualifikasi sendiri, Syarif mengatakan, babak kualifikasi sendiri dibagi dua tempat, untuk putra rencananya akan digelar di Semarang pada bulan Oktober, sedangkan untuk putri babak kualifikasi akan dilaksanakan bulan November di Sumatera Utara.

"Kali ini untuk babak kualifikasi digelar di dua tempat dan kami siap menghadapi babak kualifikasi nanti," tegasnya.

Syarif mengatakan, untuk PON kali ini ada penambahan nomor, yang biasanya hanya putra dan putri, kali ini ada penambahan untuk veteran.

"Kami tidak hanya menyiapkan putra dan putri atapi kita juga menyiapkan untuk veteran, dikami ini veteran sangat banyak dan kami yakin veteran juga bisa meraih hasil yang memuaskan," jelasnya.

Mengenai target babak kualifikasi sendiri, Syarif menegaskan kalau Jabar dalam babak kualifikasi menargetkan bisa meloloskan sebanyak mungkin nomor pertandingan catur. "Kita targetkan untuk bisa meloloskan sebanyak mungkin atlet kita bisa berlaga di PON mendatang," pungkasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA