Porpamnas Harus Bisa Memotivasi Masyarakat Agar Berolahraga

Sport

Senin, 15 Juli 2019 | 17:48 WIB

190715174935-porpa.jpg

M. Fadlillah

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama PDAM Tirtawening, Sonny Salimi, menyapa defile atlet peserta Pekan Olahraga Perusahaan Minum Nasional (PORPAMNAS) VI 2019, di Sasana Budaya Ganesha, Jalan Taman sari, Kota Bandung, Senin (15/7/2019).

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi secara resmi membuka gelaran Pekan Olahraga Antar Perusahaan Air Minum Nasional (Porpamnas) VI/2019 di Sasana Budaya Ganesha (SABUGA), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin (15/7/2019).

Pada pesta olahraga 'tukang ledeng' ini, Imam berharap agar para peserta bisa memotivasi seluruh lapisan masyarakat untuk giat berolahraga. Pasalnya, ajang Porpamnas merupakan model kerja yang baik karena bisa mengumpulkan seluruh perusahaan air minum dari seluruh se-Indonesia.

"Saya terus terang harus berterimakasih pada jajaran Perpamsi yang telah melaksanakan Porpamnas ke-6 secara berturut-turut. Ini betul-betul menjadi model kerja yang sangat hebat karena bisa mengkonsolidasikan seluruh perusahaan air minum se-Indonesia," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang mencari prestasi, melainkan menjadi contoh untuk membangun generasi-generasi yang sehat dab hebat secara lahir dan batin.

"Pemerintah tentu ingin melihat bahwa ini bukan semata-mata kita harus meraih jurum meraih prestasi. Tapi para atlet tukang ledeng (atlet) ini figur idola rumah tangga di masyarakat yang akan mendorong seluruh masyarakat dan anak-anak untuk giat berolahraga. Dengan berolahraga maka sudah barang tentu akan lahirgenerasi hebat lahir dan batin," jelasnya.

Maka dari itu, Menpora pun turut mendorong agar instasi-instansi diluar PDAM untuk melakukan kegiatan yang serupa. Sehingga olahraga bisa benar-benar manjadi alat pemersatu bangsa.

"Nah ini yang kami dorong agar seluruh inatansi melakukan hal yang dilakukan Perpamsi. Agar olahraga benar-benar bermasyarakat dan di ikuti seluruh kalangan tanpa membedaka strata sosial dan kelas-kelas tertentu tapi olahraga untuk semua," tegasnya.

Mengingat ajang Porpamnas telah berhasil melibatkan seluruh perusahaan air di Indonesia. Ia menginginkan, agar Perpamsi menjadi pelopor dari lahirnya ajang olahraga 'tukang ledeng' di tingkat internasional.

"Saya berharap Perpamsi bisa menginisiasi ajang yang lebih tinggi, tidak hanya Nasional tp di level ASEAN atau bahkan Asia, karena saya dapat laporan akan ada pertemuan konsolidasi perusahaan air minun sedunia saya harap perpamsi menginisiasi perhelatan dunia yang di ikuti tukang ledeng sedunia dan tempatnya bisa diaelenggarakan di Jabar lagi," tandasnya.

Rencananya pesta olahraga dua tahunan ini akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal (15-18/7/2019). Adapun jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan yakni sebnyak 8 cabag, diantaranya, futsal, tenis lapang, bola voli, tenis meja, catur, bulu tangkis, vokal, dan eksebisi golf.

Sedangkan jumlah peserta Porpamnas VI/2019 terdapat sebanyak 959 orang. Mereka berasal dari ke-31 Pengurus Daerah (Pengda) Perpamsi (Persatuan Petusahaan Air Minum Seluruh Indonesia).

"Porpamnas merupakan agenda rutin 2 tahunan untuk mengasah prestasi di bidang olahtaga. Kebetulan PDAM Tirtawening dan Tirtajaya Kabupaten Bandung ditunjuk menjasi tuan rumah. Kita berharap dengan bimbingan Allah acara bisa berjalan dengan sukses," kata Direktur PDAM Tirtawening, Sony Salimi.

Sedangkan Ketua Umum PP Perpamsi, Heri Yasin berharap agar ajang ini (Porpamnas) bisa menjadi ajang bertukar informasi demi memberikan layanan yang baik bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

"Hari ini Kota Bansung menjadi tempat yang bersejarah karena sekitar dua ribu orang telah datang untuk saling bersilaturahmi dalam semangat olahraga," kata Heri.

Menurut dia, ajang Porpamnas akan menjadi awal bagi perusahaan air dalam memberikan akses minum yang aman dan bersih untuk masyarakat. "Tantangan mencapai target yaitu menyediakan akses air minum yang aman dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Mari jadikan event ini sebagai rangkaian mencapai hal tersebut," pungkasnya.

Selain Menpora RI, acara juga turut dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Naser Ketua Umum PP Perpamsi, Haris Yasin serta Direktur PDAM Tirtawening Kota Bandung Sony Salimi.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA