Ferrari Ungguli Mercedes di Sesi Latihan GP Kanada

Sport

Sabtu, 8 Juni 2019 | 08:35 WIB

190608083610-ferra.jpg

PEBALAP Ferrari Charles Leclerc menorehkan waktu tercepat di sesi latihan GP Kanada pada Jumat sementara pebalap Mercedes Lewis Hamilton hanya bisa melihat dari garasi usai menabrakkan mobilnya ke tembok pembatas sirkuit.

Leclerc mencatatkan waktu terbaik di sesi siang latihan dengan 1 menit 12,177 detik untuk mengungguli 0,074 detik dari rekan satu tim Sebastian Vettel, demikian Reuters.

Hasil itu cukup memberikan kepercayaan diri bagi Ferrari yang ingin menghidupkan kembali peluang mereka melawan Mercedes di Kanada.

Sebelumnya, Mercedes yang menurunkan power unit spesifikasi baru di Kanada memuncaki sesi latihan pagi lewat dua pebalapnya Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, namun Ferrari bangkit untuk menjadi yang tercepat di sesi siang.

Mercedes telah mendominasi awal musim ini dengan memenangi enam balapan pertama, lima di antaranya dengan finis 1-2.

Hamilton memuncaki klasemen pebalap dengan unggul 17 poin dari Bottas, sementara Vettel terpaut 55 poin dari pebalap asal Inggris itu.

"Aku yakin Mercedes sangat kuat dan aku kira mereka akan sulit dikalahkan ketika kualifikasi besok," ungkap Leclerc.

"Kami memiliki performa bagus dari latihan bebas pertama ke latihan bebas kedua, mobil terasa lebih baik tapi kami harus melakukan langkah lain untuk menantang Mercedes besok."

"Ini hari yang positif," tambah pebalap asal Monako itu.

Sementara itu, Hamilton menunggu di pinggir trek, Bottas mencatatkan waktu tercepat ketiga di FP2 diikuti oleh pebalap Spanyol Carlos Sainz (McLaren) dan pebalap asal Denmark Kevin Magnussen dari tim Haas.

FP2 bagi Hamilton berakhir lebih dini ketika sang juara dunia lima kali itu melakukan kesalahan hingga menabrak tembok pembatas sirkuit dan harus masuk ke pit.

Dengan waktu satu jam tersisa, Hamilton terlalu keras memaksa mobilnya melewati chicane, menyenggol pembatas sehingga mengalami bocor ban belakang kanan.

Dia juga mendapati kerusakan parah pada bagian dasar mobil W10nya dan tak bisa kembali ke trek.

"Aku tak ingat kapan terakhir kali aku melewatkan keseluruhan sesi," kata Hamilton.

"Jelas tidak bagus melihat sesi ini dari garasi, terasa seperti duduk di kantor kepala sekolah, berharap bisa kembali ke kelas."

Hamilton mengaku kesulitan menemukan batas yang tepat ketika memakai ban medium di sesi itu.

"Pastinya aku sedikit berlebihan."

Di balapan akhir pekan nanti Hamilton akan mengincar kemenangan ketujuh di GP Kanada untuk menyamai rekor Michael Schumacher di sana.

Sedangkan pebalap Red Bull Max Verstappen, yang komplain kepada timnya saat sesi latihan pagi karena kondisi trek yang sangat kotor, juga menabrak tembok "Wall of Champions" dengan ban kiri belakang mobilnya.

Pebalap asal Belanda itu kembali ke pit dan menyelesaikan sesi latihan bebas di tempat ke-13 setelah menjadi pebalap keempat tercepat di sesi pagi.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR