Pemkot Bandung Bantah Intervensi Pemilihan Ketua Umum KONI

Sport

Minggu, 14 April 2019 | 16:49 WIB

190414165142-pemko.jpg

dok

WAKIL Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memastikan, Pemkot Bandung tidak ikut campur terhadap proses pemilihan Ketua Umum Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung periode 2019-2023. Sehingga mendukung penuh agar pemilihan ketua KONI Kota Bandung berlangsung sesuai aturan.

Pernyataan Yana tersebut menepis isu bahwa Pemkot Bandung memberikan kewenangan kepada Ketua KONI, Aan Johana secara individu agar memilih ketua untuk periode berikutnya.

"Pemkot Kota Bandung menyerahkan mekanisme pemilihan Ketua Umum KONI Kota Bandung periode 2019 - 2023 kepada Musorkot (Musyawarah Olahraga Kota) Kota Bandung tahun 2019, bukan kepada saudara Aan," ungkapnya di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Minggu (14/4/2019).

Yana kembali menegaskan bahwa Pemkot Bandung tidak pernah memberikan mandat ataupun instruksi langsung kepada Aan untuk bisa memilih Ketua KONI Kota Bandung.

"Saudara Aan tidak bisa menentukan satu nama calon Ketua Umum KONI Kota Bandung periode 2019 - 2023 untuk ditetapkan secara aklamasi dalam Musorkot KONI Kota Bandung tahun 2019," tuturnya.

Yana menjelaskan KONI Kota Bandung merupakan organisasi yang menaungi bidang olah raga. Oleh karenanya, KONI Kota Bandubg harus menjunjung tinggi azas sportivitas.

"Saudara Aan harus mematuhi dan melaksanakan ketentuan AD/ART KONI dalam penyelenggaraan Musorkot KONI Kota Bandung tahun 2019," katanya.

Sebelumnya Ketua Umum KONI Kota Bandung, Aan Johana berharap pemilihan Ketua Umum KONI Kota Bandung yang akan menjadi penggantinya berjalan secara aklamasi.

Pemilihan Ketua Umum KONI Kota Bandung masa bakti 2019-2023 sendiri akan dilangsungkan pada Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Kota Bandung yang rencananya digelar akhir April 2019.

” Saya tidak membatasi siapa saja yang akan maju untuk mencalonkan diri, kita beri kesempatan seluas-luasnya. Tapi saya sangat berharap ada kompromi sehingga penentuan Ketua Umum KONI Kota Bandung kedepan bisa berjalan aklamasi. Ini untuk menjaga kondusifitas organisasi yang sudah terbentuk selama ini,” jelasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR