NPCI Pusat Optimis Pertahankan Juara Bertahan dalam ASEAN Paragames

Sport

Jumat, 15 Maret 2019 | 18:11 WIB

190315181139-npci-.jpg

Ferdy Soegito Putra

KETUA Umum National Paralympic Commite of Indonesia (NPCI) pusat, Senny Marbun, optimistis Indonesia bisa mempertahankan gelar juara umumnya di ASEAN Paragames 2020, Manilaz Filipina.

Menurut Senny, secara kekuatan, Indonesia masih dianggap sangat unggul jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya di ASEAN. "Saya sangat percaya dan kekuatan kita masih unggul jika dibandingkan dengan pesaing kita nanti di Filipina," katanya saat dijumpai di Fave Hotel, Jalan R. E. Martadinata, Kota Tasikmalaya, Jumat (15/3/2019)

Menurutnya, secara persiapan, Tim Pelatnas ASEAN Paragames kini sedang bersiap untuk melaksanakan Training Center (TC) di Solo. "Kita sedang menyiapkan TC, tinggal tunggu perintah dari pak Mentri saja (Menpora, Mentri Pemuda dan Olahraga) karena kemarin saya sendiri sudah bertemu dengan beliau," katanya.

Pada ASEAN Paragames 2020 nanti, Kontingen Indonesia sendiri rencananya akan mengikuti sebanyak 14 cabang olahraga (cabor) dari 18 yang dipertandingkan. Menurut Senny ketidak ikut sertaan Indonesia pada 4 cabang olahraga tersebut dikarenakan Indonesia masih belum memiliki atlet.

"Di ASEAN Paragames ada empat cabang olahraga yang tidak akan kita ikuti, dua diantaranya cabang adalah dayung dan dance. Kita belum ikut karena memang kira belum memiliki atletnya. Mudah-mudahan kedeoan kita bisa ikut 4 cabang olahraga tersebut, kita harus sosialisasi dulu," ujarnya.

Sedangkan kuota atlet yang akan mengisi Tim Indonesia di ajang ASEAN Paragames dikatakan terdapat sebanyak 300 atlet. "Sebagai salah satu upaya mempertahankan juara umum rencananya kita akan kirim sebanyak 300 atlet ke Filipina, dan pak Imam Nahrawi sudah mengizinkan," ungkapnya.

Disinggung mengenai berapa banyak atlet Jabar yang masuk didalam tim Pelatnas, ia mengatakan, setidaknya Jabar sudah menyumbangkan atletnya sebanyak 40%.

"Pembinaan di Jabar ini masih yang terbaik, dan untuk tim ASEAN Paragames Indonsesia memang kalau diperkirakan hampir 40 persennya adalah atlet Jawa Barat, jadi Jabar masih nomor satu bagi saya" katanya.

Dia tetap berharap pada ASEAN Paragames 2020 Filipina nanti, Indonesia masih bisa menjadi juara umum, sama seperti di ASEAN Paragamestahun 2017 lalu di Kuala lumpur, Malaysia.

Di Kuala lumpur Kontingen Indonesia diketahui telah berhasil mengumpulkan 125 emas, 75 perak, dan 50 perunggu. Tim Merah-Putih unggul jauh dari tuan rumah Malaysia yang hanyameraih 90 emas, 85 perak, 83 perunggu.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR