Terbentur Anggaran, FOPI Jabar Belum Bisa Gelar Pelatda

Sport

Jumat, 8 Februari 2019 | 19:01 WIB

190208190239-terbe.jpg

PENGURUS Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jawa Barat mengaku masih belum bisa melaksanakan program Pelatda secara terpusat. Hal ini buntut dari belum cairnya anggaran dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat.

"Sebelum KONI Jabar mengeluarkan anggaran, kami lakukan Pelatda di masing-masing daerah dulu (kota/kabupaten). Dengan kata lain sementara ini kita lakukan secara desentralisasi," ungkap Sekretaris Umum FOPI Jawa Barat, Akhmad Sobarna, di Kampus STKIP, Citereup, Kota Cimahi, Jumat (8/2/2019)

Dia mengakui, desentralisasi dilakukan sebagai satu upaya agar Pelatda tetap berjalan. Pasalnya, pelaksanaan Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) XX direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2019 di Jakarta.

"Dengan segala keterbatasan, kita lakukan segala cara agar atlet dan pelatih tetap berlatih guna menghadapi Pra-PON XX di tahun ini, jadi ini salah satu siasat kita ditengah sulitnya anggaran," katanya

Kendati demikian, Pengprov FOPI Jabar mengaku tetap akan mengincar raihan terbaik di Pra-PON agar bisa berkontribusi untuk prestasi Jawa Barat. Dan di Papua, cabang olahraga (cabor) Pentaque akan menjalankan ajang resmi perdananya di PON setelah sebelumnya hanya eksebisi.

Untuk itu ia mengaku akan berusaha semaksimal mungkin agar pentaque Jabar bisa lolos minimal diposisi 8 besar saat Pra-PON XX. "Agar bisa lolos kita harus masuk di posisi 8 besar di Pra-PON, kita akan berusaha karena ini ajang resmi pertama pentaque di PON setelah di PON XIX/2016 hanya eksebisi," jelasnya

Sebeluknya pada saat menjalankan eksebisi di PON Jawa barat, kontingen Jabar telah berhasil meraih tiga emas, dia perak dan satu perunggu. Dan rencananya mereka berambisi untuk mengulang raihan yang sama di PON XX/2020 mendatang.

"Target sementara dua medali emas, tapi kita berharap bisa seperti di PON XX/2016, kdan kita akan melihat bagaimana peta kekuatan laean kita di Pra-PON XX nanti," pungkasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR