Pengprov Perbasi Jabar Segera Seleksi Tim Pelatda

Sport

Jumat, 11 Januari 2019 | 17:00 WIB

190111170203-pengp.jpg

dok

UNTUK menetapkan tim Pelatda PON XX/2020, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Barat memastikan akan melakukan seleksi pada tanggal 19-20 Januari 2019 mendatang. Seleksi kurang lebih akan melibatkan sekitar 40 atlet serta 5 pelatih bola basket di Jawa Barat.

"Pada tanggal 19 Januari 2019 nanti Pengda mulai menggelar seleksi untuk persiapan menghadapi babak kualifikasi PON XX tempatnya di kawasan SPOrT Jabar Arcamanik," jelas Sekertaris Umum Pengprov Perbasi Jawa Barat, Alen Rismayadi, di Sekretariat Perbasi Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jumat (11/1/2019)

Alen menuturkan, seleksi akan lebih fokus membentuk 3 tim, diantaranya five on five (5v5) putri, serta three on three (3v3) putra dan putri. Sedangkan untuk tim 5v5 putra dikatakan masih memiliki waktu yang panjang mengingat tim tersebut tidak perlu mengikuti babak kualifikasi (BK) bersama tuan rumah.

"Seleksi nanti akan lebih fokus dulu ke tim 5v5 pitri dan 3v3 putra dan putri, karena akan langsung kita gelar TC (Training Center) sedangkan untuk tim 5v5 mereka masih memiliki waktu yang panjang karena juara bertahan tidak perlu mengikuti BK bersama tuan rumah," katanya

Menurutnya, pada saat melakukan seleksi, pihaknya akan tetap menerapkan format yang sama, yaitu melalui sebuah pertandingan dimana pada hari pertama, akan dilaksanakan pertandingan antar tim seleksi, sedangkan dihari kedua akan melibatkan tim luar seperti klub dan perguruan tinggi.

"Setiap nomor akan dibentuk 2 tim, dan mereka akan ditangani para calon pelatih yang sekaligus kita libatkan sebagai tim talent scouting. Kami juga akan melibatkan tim luar pada hari kedua seleksi, tapi yang jelas tidak akan melibatkan tim professional," jelasnya.

Jika sebelumnya BK PON XX untuk nomor 5v5 akan dilaksanakan pada bulan April, hal tersebut diketahui telah diundur dengan alasan masih dalam masa Pilpres. BK diketahui akan dimulai pada bulan Juli atau tepatnya 2 bulan setelah masa tenang.

"Kami mengkoreksi, untuk BK 5v5 putri akan dilaksanakan pada bulan Juli, sedangkan yang 3v3 akan dilaksanakan pada bulan September tahun ini. Hambatannya kita ketahui bersama karna Pilpres dan semua fokus kesana," jelasnya.

Kendati demikian, ia tetap berharap pada seleksi nanti, pihaknya dapat menemukan talenta terbaik sehingga bisa membawa Jawa Barat juara di PON XX cabang olahraga bola basket. "Kita berharap setelah seleksi, tim Jawa Barat bisa diisi oleh atlet-atlet terbaik. Tujuannya agar Jawa Barat bisa mempertahanlan juara umum. Kita percaya jika melihat potensi yang ada, kita targetkan minimal 2 nomor," pungkasnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR