Dua Kali Ditolak

Tak Menyerah Ambil Alih Manchester United, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Siapkan Rp 55 Triliun

Soccer

Minggu, 20 Oktober 2019 | 15:00 WIB

191020150244-tak-m.jpg

dailymail

Berkali-kali dibantah, faktanya kabar mengenai minat Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) untuk mengambil alih klub raksasa Inggris, Manchester United tak juga hilang. Terakhir dikutip dari DailyMail kemarin MBS tengah mempersiapkan penawaran ketiga.

Penawaran dilakukan saat pemilik klub yang bermarkas di Old Trafford yaitu keluarga Glazer tak memberi kepastian mengenai pelepasan saham keseluruhan Setan Merah.  Sebelumnya MBS dikabarkan telah menawarkan dana sekitar £3 miliar atau Rp 55 triliun dan dua kali usahanya berakhir buntu.

Namun laporan  MirrorUK, seiring tak pastinya niat The Glazer Family untuk mempertahankan saham, kemungkinan pihak klub kali ini setidaknya akan bersedia melakukan pembicaraan dengan MBS.

MBS belum menyerah.

Pekan lalu, Kevin Glazer diberitakan bersiap untuk menjual 13 persen sahamnya menyusul penurunan pendapatan yang untuk pertama kalinya dialami MU. Kabar menguat menyusul pernyataan Chevrolet yang  menolak memperbarui kesepakatan £450 juta atau Rp 8,3 triliun sebagai sponsor.

Selain itu keputusan Kevin berinvestasi saham  senilai £270 juta atau Rp 4,9 triliun di Bursa Efek New York juga dianggap sebagai pertanda dirinya berniat berpisah dengan klub. Langkah ini kemungkinan membuat MBS kembali  mempersiapkan upaya untuk mengambil alih MU, meski anggota keluarga Glazer lainnya dilaporkan tetap ingin bertahan.

Masih milik The Glazers.

United sendiri bukannya tak memiliki bisnis dengan Arab Saudi. Sebelumnya  Saudi Telecom sudah menjadi mitra telekomunikasi terintegrasi resmi klub. Klub juga menandatangani nota kesepahaman dengan Otoritas Olahraga Umum Arab Saudi tahun lalu guna  membantu mengembangkan industri sepak bola di negara Timur Tengah tersebut.

Tak itu saja, MBS menunjukkan minat besar memboyong even  olahraga besar ke negaranya dalam  beberapa tahun terakhir, termasuk olahraga motor dan tinju. Brasil dan Argentina pun memainkan laga sepak bola internasional di Riyadh Oktober lalu. Arab Saudi juga akan menjadi tuan rumah  pertandingan ulang tinju kelas berat yang sangat dinanti antara juara dunia Andy Ruiz Jr. dan petinju Inggris Anthony Joshua akhir tahun ini.

Tarung ulang Anthony Joshua vs Andy Ruiz Jr. siap digelar di Arab Saudi.

Keluarga Glazer yang berasal dari Amerika Serikat membeli Setan Merah pada tahun 2003 dengan harga £790 juta atau Rp 14,6 triliun. Dan jika sampai mereka menerima tawaran MBS maka The Glazers dipastikan mendapat keuntungan besar. Ini juga mengingat fakta kondisi klub tidak seperti ketika mereka  mengakuisisi 16 tahun lalu

Ole Gunnar Solskjaer.

Nilai saham Manchester United sebagai klub dilaporkan turun sejak Ole Gunnar Solskjaer diangkat menjadi manajer bulan Maret lalu. Sebelum merekrutnya harga saham MU mencapai $20 atau Rp 282.550 tapi kini di kisaran $15 atau Rp 211.912.

I see..

Editor: Mia Fahrani



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA