Dari Mo Salah Hingga Ronaldo, Siapa Bintang Lapangan Hijau yang Paling Banyak Amal?

Soccer

Senin, 14 Oktober 2019 | 12:38 WIB

191014101741-siapa.jpg

dailymail

Para bintang lapangan hijau tak hanya dikenal berkat kepiawaiannya menggocek di kulit bundar tapi juga pundi-pundi yang  melimpah. Tak sedikit yang menghabiskannya dengan membeli koleksi mewah tapi ada juga yang memilih menyisihkan pendapatan di atas rata-rata mereka untuk aksi kemanusiaan.

Kabar terbaru  datang dari bintang Crystal Palace, Wilfried Zaha yang dianugerahi Best of Africa Award for Philanthropic Endeavour di ajang Best of Africa Awards 2019 akhir pekan kemarin. Winger Pantai Gading berusia 26 tahun itu rutin memberikan 10 persen dari fee yang didapat setiap bulan pada yayasan yatim piatu Tamara’s Hope di tanah kelahirannya.

Wilfried Zaha memilih badan amal di Pantai Gading.

“Aku membantu yayasan yang dikelola saudaraku Tamara's Hope. Aku sedikit membantu anak-anak yang tak mampu ini. Rasanya senang melihat anak-anak itu bahagia. Aku hanya membantu kebutuhan sehari-hari saja,” ujarnya merendah. Dan Zaha tidak sendiri. Ada sejumlah bintang bola yang kerap menjadi berita berkat aksi amalnya. Siapa saja? Berikut di antaranya seperti dikompilasi DailyMail, Senin (14/10/2019):

Juan Mata

Mulai dari Chelsea hingg Manchester United.

Berbeda dengan koleganya yang melakukan aksi personal, tidak demikian dengan Juan Mata. Bintang Spanyol itu mengajak sejumlah rekannya  mulai dari pesepak bola profesional hingga manajer untuk bergabung  dengan badan amal yang dimulainya bersama Jurgen Griesbeck dan Thomas Preiss sejak 2017. Melalui Common Goal yang kini didukung 122 pemain dan manajer, mereka mendonasikan satu persen dari pendapatannya setiap bulan.

Common Goal mendistribusikan bantuan untuk berbagai organisasi non-pemerintah yang membutuhkan di berbagai negara. Mulai dari SportForLifeUK, Cameroon Football Development Program dan One World Play Project. Selain dengan Common Goal, Juan Mata juga tak jarang membantu badan amal lokal baik saat berjersey Chelsea maupun Manchester United.

Hector Bellerin

Yang muda yang beramal.

Defender muda Arsenal, Hector Bellerin menjadi berita saat mendonasikan dana tak sedikit bagi warga London penghuni Grenfell Tower yang kehilangan tempat tinggal akibat musibah kebakaran hebat. Dengan korban tewas mencapai 72 orang, Bellerin yang sudah delapan tahun bermukim di London dan tampil di Emirates Stadium yang tak jauh dari lokasi, menjadi satu dari sekian nama pertama yang melakukan aksi amal.

Ia mendonasikan £50 atau Rp 888 ribu untuk setiap menit penampilannya di ajang U21 European Championships. Total ia diturunkan selama 381 menit. Artinya £19.050 atau Rp tak kurang dari Rp 338 juta disumbangkannya untuk para korban. Tak berhenti sampai di situ, ia juga membagi-bagikan sepatu sepak bola Puma bersama Reach Out UK.

Jermain Defoe

Bersama Bradley Lowery, love above money.

Aksi amal pemain Sunderland, Jermain Defoe tak perlu diragukan lagi. Menerima anugerah kehormatan OBE dari Ratu Elizabeth, ia sudah aktif dengan Jermain Defoe Foundation sejak  2013 dengan fokus anak-anak tak mampu di Karibia. Ia juga sangat dekat dengan para suporter termasuk bocah penderita kanker langka neuroblastoma, Bradley Lowery.

Tak hanya membantu secara finansial, Defoe juga menghadiri ulang tahun Lowery yang beberapa kali juga digendongnya ke lapangan sebagai maskot untuk laga Sunderland dan timnas Inggris. Lowery mengembusan napas terakhir pada Juli July 2017. Di tahun yang sama ia dianugerahi OBE yang kemudian didedikasikannya untuk Lowery dan semua yang mendukung Jermain Defoe Foundation.

Mesut Ozil

Huge fee huge charity.

Menerima £350,000 atau Rp 6,2 miliar per minggu, bintang Jerman berdarah Turki yang kini merumput bersama Arsenal, Mesut Ozil sepertinya tak pernah ragu merogoh kocek dalam-dalam untuk membantu sesama. Salah satunya yang menarik perhatian saat skuad Der Panzer memenangi Piala Dunia 2014 edisi Negeri Samba. Jerman bahkan menggilas tuan rumah Brasil 7-1 sebelum melaju ke final.

Tak bisa dibandingkan tapi sebelum turnamen di mulai, Ozil membantu 11 anak tak mampu Brasil yang memerlukan biaya operasi. Saat turnamen berakhir ia menambah jumlah anak yang mendapat bantuan menjadi 23 orang. Total ia melunasi Rp 4,2 miliar tagihan rumah sakit bagi anak-anak tadi. Tak itu saja ia juga “mewakafkan” semua bonus yang diterimanya sebagai juara Piala Dunia.

Mohamed Salah

Seperti Wilfried Zaha, bintang Mesir Mo Salah juga rutin memberikan donasi. Di tempat kelahirannya Basyoun, ia mendirikan Mohamed Salah Charity Foundation dengan fokus  membantu sedikitnya 450 keluarga yang memerlukan bantuan finansial. Bantuan senilai  £23,000 atau Rp 408 juta diberikan pada para mantan pesepak bola Mesir yang kesulitan keuangan.

All out.

Ada juga bantuan  £234,000 atau Rp 4,1 miliar dari koceknya langsung untuk membantu ekonomi Mesir yang goyah pada 2017. Tahun ini Salah juga mendonasikan £2,5 juta atau Rp 44 miliar untuk National Cancer Institute of Egypt menyusul serangan teroris di Kairo. Tak hanya finansial, Salah juga mendukung kampanye anti-narkoba sejak dua tahun lalu. 

“Salah tak pernah melupakan dari mana dia berasal tak seperti bintang bola lainnya yang melupakan keluarga dan tampat asalnya setelah kata,” ujar Inas Mazhar dari media officer timnas Mesir kepada BBC. “Semua tahu melalui ayahnya, Salah mendedikasikan tak sedikit uang untuk warga desanya,” lanjutnya.

Cristiano Ronaldo

No boundaries for charity.

Duta tiga badan amal besar.

Tak diragukan menjadi atlet paling dikenal di kolong langit, Cristiano Ronaldo juga sama dikenalnya untuk urusan amal. Ia bahkan dinominasikan sebagai atlet yang paling banyak memberikan donasi pada tahun 2015. Sebelumnya tahun 2013 kala namanya masuk dalam daftar UEFA Team of the Year dengan bonus £89,000 atau Rp 1,5 miliar ia langsung menyumbangkan untuk Palang Merah internasional.

Tahun berikutnya saat Real Madrid meraih trofi Champions League, ia memilih mendonasikan bonus yang didapatnya sebesar £450,000 atau Rp 7,9 miliar bagi yang membutuhkan. Jauh sebelumnya tahun 2005kala tsunami menghantam Aceh,  CR7 datang langsung menemui bocah yang terekam kamera berjersey Portugal no.7 yang ikut menjadi korban. Ronaldo juga menjadi duta dari tiga badan amal besar Save the Children, UNICEF dan World Vision.

Okay, onward!

Editor: Mia Fahrani



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA