Hartanya Capai 6,3 Triliun, Ini Kerajaan Bisnis Ronaldo

Soccer

Senin, 16 September 2019 | 11:16 WIB

190916112316-harta.jpg

@cristiano

Cristiano Ronaldo

CRISTIANO Ronaldo atau yang akrab dikenal dengan sebutan CR7 merupakan salah satu atlet terkaya di dunia. Bintang sepak bola asal Portugal itu diperkirakan memiliki kekayaan bersih $ 450 juta (Rp 6,3 triliun).

Dilaporkan CNBC Indonesia, saat ini, Ronaldo merumput di Serie A bersama Si Nyonya Besar, Juventus. Pemenang lima kali Ballon d'Or itu mendapat gaji sebesar 4,7 juta euro (sekitar Rp 73 miliar) per bulan. Nominal itu menjadikan Ronaldo sebagai pemain dengan bayaran tertinggi di Serie A.

Baca Juga: Tak Pernah Mengenal Sosok Ayah karena Alkohol, Ungkap Penyesalan Terdalam Ronaldo Berurai Airmata

Membangun kerajaan bisnis

Ketika berusia 18 tahun, Ronaldo menandatangani kontrak dengan Manchester United, klub sepak bola terbesar di Inggris. Sejak itu, dia membangun reputasi sebagai pesepak bola kelas dunia.

Sampai dengan saat ini, Ronaldo telah membukukan 654 goal sepanjang karier. Yang unik, kakinya pun diasuransikan sebesar US$ 144 juta (Rp 2 triliun). Ronaldo mungkin bukan atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Tetapi yang membedakan Ronaldo dari pemain lain adalah bagaimana ia memanfaatkan kekuatan brand di media sosial.

Baca Juga: Tiga Kali Lipat Pemain Termahal Serie A, Berjersey Juventus Sehari Ronaldo Kantongi Rp 1,4 Miliar

Ronaldo adalah pengguna media sosial yang aktif dan memiliki pengguna terbanyak ketimbang semua atlet. Dia mengungguli bintang sepak bola Barcelona dan Argentina Lionel Messi dan pemain andalan PSG dan Brasil Neymar Jr.

Menurut Hookit, Ronaldo memiliki 323,4 juta pengikut di seluruh platform media sosial (Facebook hingga Instagram). Di Instagram, ia memiliki pengikut ketiga terbesar di dunia ini dengan 128 juta pengikut.

Baca Juga: FIFA Rilis Peringkat Game Terbaru, Tim Ronaldo di Bawah Messi

Itulah mengapa para sponsor membayar mahal CR7 hanya untuk satu posting berbayar di halaman media sosialnya. Hookit memperkirakan Ronaldo memiliki lebih dari 2,3 juta interaksi media sosial dan viewers per posting.

Interaksi itu menghasilkan nilai US$ 1,8 juta per posting yang disponsori untuk merek seperti Nike. Perusahaan riset media sosial Izea memperkirakan Ronaldo menghasilkan hampir US$ 400.000 untuk setiap posting yang disponsori di Instagram pada tahun 2018.

Baca Juga: Robbie Keane Tamat, Gelontor Gawang Lithuania Ronaldo Pesepak Bola Pertama Hadapi 40 Negara Berbeda

Merek global juga ingin menjadikan Ronaldo sebagai wajah perusahaan mereka. Mulai dari perusahaan arloji hingga penyedia kabel. Dia bahkan menjadi duta untuk sebuah perusahaan baja Mesir.

Ronaldo juga memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh pemain sepak bola saingan lainnya, yakni kontrak seumur hidup dengan Nike yang diperkirakan bernilai $ 1 miliar. Kesepakatan itu dibuat kembali pada 2016 dan berpotensi berlangsung selama beberapa dekade setelah dia pensiun dari sepak bola.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Menggila, Portugal Gasak Lithuania 5-1

Kekayaan yang besar tentu berbanding lurus dengan pengawasan aparatur terkait. Ronaldo pernah tersangkut kasus penggelapan pajak di Spanyol tatkala membela Real Madrid. Hukuman penjara dua tahun sempat dijatuhkan, namun ditangguhkan lantaran CR7 membayar denda US$ 21,7 juta.

Punya Harta Rp 6,3 T, Ini Kerajaan Bisnis Cristiano RonaldoFoto: Pemain sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo, datang bersama pacarnya, Georgina Rodriguez, untuk hadir di pengadilan dalam persidangan penggelapan pajak di Madrid, Spanyol, 22 Januari 2019. REUTERS/Sergio Perez

Lantas, seperti apa Ronaldo 'menghabiskan' uangnya?
Sederhana. Ronaldo memiliki bisnis yang dibangun sendiri atau beberapa karibnya. Dia memiliki lini pakaian mewah, alas kaki, selimut, parfum, aplikasi mobile, creative agency, restoran, dan bahkan hotel. Pada tahun 2015, Ronaldo menginvestasikan US$ 40 juta di Pestana Hotel Group.

Gaya hidup Ronaldo juga ditunjang dengan kepemilikan properti. Dia memiliki vila senilai US$ 7,1 juta di Madrid dan apartemen senilai US$ 18,5 juta di Trump Tower, New York, AS. CR7 juga memiliki banyak mobil mahal, termasuk Lamborghini dan Ferrari.

Dia sekarang mengendarai Bugatti Chiron dengan logo CR7, yang bernilai sekitar US$ 3 juta. Dia bahkan memiliki jet pribadi, yang diperkirakan bernilai US$ 17 juta.

Dengan warisan bintang sepak bola yang membentang di luar lapangan, sepertinya kerajaan penghasil cuan Ronaldo akan terus berlanjut bahkan setelah dia pensiun.

Editor: Endan Suhendra



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA