Tak Pernah Mengenal Sosok Ayah karena Alkohol, Ungkap Penyesalan Terdalam Ronaldo Berurai Airmata

Soccer

Senin, 16 September 2019 | 10:34 WIB

190916103410-tak-p.jpg

dailymail

Apa yang bisa membuat Cristiano Ronaldo menangis? Dari sekian banyak kemungkinan, salah satunya terungkap dalam wawancara terbaru bintang lapangan hijau itu dengan kolumnis Inggris, Piers Morgan. Dalam tayangan untuk iTV itu, Ronaldo terlihat tak bisa berkata-kata dan berurai airmata kala melihat potongan klip mendiang sang ayah.

Dikutip dari DailyMail, Senin (16/9/2019) pemain Juventus berpaspor Portugal itu tampak emosional kala menyaksikan sang ayah Jose Dinis Aveiro mengungkapkan perasaannya. Di depan pintu  kediamannya menjelang Euro 2004, Aveiro yang terlihat sederhana mengaku bangga akan kiprah putranya.

This is hard.

I can't..

Seperti yang diketahui hubungan Ronaldo dan mendiang ayahnya tak terbilang mulus akibat kecanduannya pada alkohol. Aveiro yang sebelumnya mengabdi sebagai tentara  akhirnya meninggal akibat gagal liver di usia 52 tahun. “Aku tak pernah melihat klip ini. Aku tak pernah melihatnya. Unbelievable,” ujar Ronaldo yang sesaat menghindari kamera.

Tak banyak yang bisa dikatakan eks Real Madrid itu. Bagi Ronaldo, menyesakkan menyadari betapa sang ayah tak bisa menyaksikan sukses yang diraihnya. Juga fakta jika keempat buah hatinya tak  akan pernah mengenal sosoknya. Mengenai hubungan keduanya yang tak mudah, diakui Ronaldo di antaranya karena Aveiro nyaris selalu dalam pengaruh alkohol.

Ronaldo bersama ibu dan mendiang ayahnya.

Jose Dinis Aveiro.

“Aku tak pernah melihat klip ini. Aku tak tahu dari mana Anda mendapatkannya.. Aku harus menyimpan rekamannya untuk keluargaku,” lanjutnya.  Ronaldo lebih jauh mengatakan dirinya tak sepenuhnya mengenal sosok ayahnya. “Aku tak mengenal ayahku seratus persen. Ayah selalu mabuk. Aku tak pernah bicara dengannya dengan normal. It was hard,” katanya.

Ronaldo baru berusia 20 tahun ketika kehilangan ayahnya. Aveiro  melewatkan banyak momen terbesar dalam karier sepakbolanya, termasuk memenangi lima gelar Liga Champions, lima Ballon d'Ors, memimpin skuad Portugal di  Euro 2016 dan memenangi trofi Liga Bangsa-Bangsa FIFA. Dan yang sangat disesali Ronaldo, Aveiro tak menyaksikan kelahiran keempat anaknya.

Moving on.

Ronaldo mengatakan ayahnya mulai kecanduan alkohol akibat trauma perang. Aveiro tercatat ikut bertugas dalam perang di Mozambik dan Angola. Apa yang membuatnya sangat emosional?

“Menjadi  nomor satu tanpa ayah tahu. Ayah juga tidak melihatku menerima penghargaan dan menjadi diriku saat ini. Keluarga tetap mendampingiku, ibu, kakak, bahkan anak laki-lakiku menyaksikan pencapaianku tapi tidak ada ayah.. dia meninggal di usia terbilang muda,” paparnya.

Seorang teman masa kecil Aviero yang sama-sama aktif di militer menyebut semasa hidup Aviero selalu membanggakan Ronaldo dan mengatakan anak laki-lakinya akan menjadi bintang besar. Laporan ESPN, hal lainnya, usai perang sejumlah veteran merasa diabaikan.

“Kami veteran perang tak punya uang dan pekerjaan. Dan tentu setiap kali melihat Ronaldo sekarang aku selalu ingat ayahnya. Saat itu dia punya beberapa persoalan dan tak ada  makanan yang cukup, dia pun memilih alkohol. Dia mendapatkannya dari beberapa teman karena dia tak punya uang.”

Georgi bersama CR Jr., Matteo, Eva dan Alana.

Absennya sosok ayah dalam hidup Ronaldo sedikit tergantikan oleh ibunya, Dolores yang tak pernah berhenti memberi dukungan sepanjang kariernyaTahun 2014 Dolores  membuat pengakuan mengejutkan dengan mengatakan, kalut oleh persoalan hidup dan rumah tangga dirinya nyaris menggugurkan Ronaldo dengan menenggak bir dan membuat tubuhnya kelelahan.

Dokter menolak membantu menggugurkan karena faktor usia kandungan. Sesuatu yang kini disyukuri olehnya. Ronaldo yang mengetahui hal ini berseloroh jika bayi yang dulu tak diinginkannya ternyata menjadi tulang punggung keluarga. Selain hubungan dengan keluarga, Ronaldo juga angkat suara soal partnernya saat ini Georgina Rodriguez yang disebutnya sebagai kekasih dan teman yang saling membuka hati. 

Best friends.

“Georgi membantuku dalam banyak hal. Of course I'm in love for her. Kami akan  menikah pada waktunya nanti. Ini impian ibuku juga, melihatku menikah. So, one day. Why not?” katanya dalam bocoran wawancara yang baru akan tayang Selasa ini.

Well, okay!

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA