Dari yang Gagal Hingga Berkarier Mentereng, Remaja-remaja Termahal dalam Sejarah Sepak Bola Dunia

Soccer

Jumat, 19 Juli 2019 | 12:39 WIB

190719120915-sepul.jpg

dailymail

Kepindahan pemain muda Ajax, Matthijs de Ligt ke Juventus minggu ini menandai kemunculan  wonderkids alias remaja-remaja bertalenta bintang musim ini. Sebelumnya ada Joao Felix yang diboyong Atletico Madrid dari klub Liga Primeira, Benfica.

Klub-klub tadi rela membayar lebih demi investasi trofi di musim mendatang. Dan meski kariernya tak selalu mulus, pemain muda berbanderol selangit ini tercatat sudah menarik minat sejak beberapa tahun ke belakang. Siapa saja mereka? Berikut di antaranya seperti dikompilasi Sportsmail:

10 – Renato Sanches: Benfica ke Bayern Munich

Arsenal, Liverpool dan Manchester United menjadi saingan Bayern Munich demi mendapatkan Sanches di transfer musim panas 2016. Klub Jerman itu akhirnya mendapatkan bintang muda Portugal ini seharga £ 27,5 juta atau Rp 479 miliar. Tapi karier sang bintang tidak seperti yang diharapkan. Dipinjamkan ke Swansea pada 2017-18, ia gagal mencetak gol dalam 15 pertandingan. Kini masa depannya masih belum jelas. Tapi usianya masih 21 tahun, jadi ada waktu untuk membalikkan keadaan.

9 – Wayne Rooney: Everton ke Manchester United

Setan Merah di bawah Sir Alex Ferguson mengalahkan  Newcastle untuk mendapatkan  Rooney yang di tahun 2004 menjadi pesepak bola muda termahal dengan banderol  £27 juta atau Rp 471 miliar. Hasilnya tak mengecewakan. Dari 559 laga Roo melesakkan 253 gol sekaligus rekor baru mengalahkan Sir Bobby Charlton. Bersama MU Rooney memenangi lima titel Premier Leagues, satu kali juara Liga Champions dan sejumlah penghargaan lainnya sebelum kemudian kembali ke Everton dan berkiprah di MLS.

8 – Luke Shaw: Southampton ke Manchester United

“Aku ingin melanjutkan karier dan bergabung bersama United langkah yang ideal,” ujar   Shaw usai menandatangani kesepakatan senilai £31 juta atau Rp 540 miliar pada tahun 2014. Meski tak selalu menonjol tapi kini ia kembali on track. Musim lalu pesepak bola 24 tahun ini diganjar Manchester United Players' Player of the Year dan Sir Matt Busby Player of the Year.

7 – Lucas Moura: Sao Paulo ke Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain (PSG) merogoh kocek £35,5 juta atau Rp 619 miliar demi Moura yang diboyong dari Sao Paulo di usia 19 tahun pada Agustus 2012. Sesuatu yang membuat Sir Alex Ferguson kecewa karena  Manchester United juga turut mengincarnya. Tapi itu dulu kini Moura yang berusia 26 tahun sudah berjersey Tottenham Hostspur. 

6 – Vinicius Junior: Flamengo ke Real Madrid

Vinicius mengaku beruntung saat Real Madrid menebusnya dari Flamengo karena dianggap potensial. “Aku merasa terhormat bergabung bersama tim besar Real Madrid di usia 18 tahun,” ujar pemain depan yang menandatangani kesepakatan musim 2018-19 dengan banderol £38,7 juta atau Rp 675 miliar. Kini satu tahun kemudian ia berharap bisa bersinar bersama El Real di musim 2019-20.

5 – Rodrygo Goes: Santos ke Real Madrid

Musim ini Real Madrid rela mengeluarkan £40 juta atau Rp 697 miliar untuk mendatangkan remaja 18 tahun asal Brasil  Rodrygo ke Bernabeu karena yakin winger Negeri Samba ini layak dijadikan investasi jangka panjang. Meski demikian, Santos  yang melesakkan sembilan gol dari 41 laga sepertinya belum akan tampil reguler di tim utama. Fakta lainnya Rodrygo sudah di endorse Nike sejak usia 11 tahun. Sesuatu yang dinilai El Real sebagai investasi tambahan.

4 – Anthony Martial: Monaco ke Manchester United

Martial menjadi remaja termahal di lapangan hijau saat bergabung dengan Manchester United musim 2015. Dibanderol £36 juta atau Rp 628 miliar, kini tawaran untuknya sudah mencapai £58 juta atau Rp 1,01 triliun. Sejak bergabung di usia 19 tahun, Martial  sudah mencetak 34 gol di 113 laga Premier League. Arsenal dan West Ham menjadi klub yang musim ini dikabarkan mengincar pemain berusia 23 tahun ini.

3 – Matthijs de Ligt: Ajax ke Juventus

Banyak yang menyebut Virgil van Dijk sebagai central defender terbaik dunia saat ini. Dan nama pemain Ajax, De Ligt disandingkan dengannya sebagai kandidat pengganti. Februari 2019 lalu, ia menjadi kapten termuda yang berlaga di fase knock out Liga  Champions kala menghadapi Real Madrid di usia 19 tahun 186 hari. Centre back Belanda ini tampil bersama Ajax di lebih dari 100 laga sebelum bergabung dengan Juventus dalam transfer senilai £67,8 juta atau Rp 1,18 triliun.

2 – Joao Felix: Benfica ke Atletico Madrid

Atletico Madrid membuat kejutan saat mendatangkan remaja Portugal ini dengan banderol £113 juta atau Rp 1,9 triliun musim ini. Nilai yang menempatkannya dalam Top 5 transfer termahal sepanjang sejarah. Musim lalu remaja berusia 19 tahun ini tampil di 26 laga bersama Benfica  dengan 15 gol sekaligus menjuarai Primeira Liga. Atletico yang mengikat Felix untuk tujuh musim percaya kesepakatan ini bakal menjadi investasi.

1 – Kylian Mbappe: Monaco ke Paris Saint-Germain

Hingga kini Mbappe masih menjadi remaja dengan nilai transfer termahal dalam sejarah sepak bola. Ia hanya kalah dari seniornya sesama pemain PSG dengan banderol £200 juta atau Rp 3,4 triliun. Mbappe yang datang sebagai pemain pinjaman dari Monaco mendapat tawaran untuk kontrak resmi pada 2017 dengan nilai in  £165,7 juta atau Rp 2,8 triliun. Hasilnya resmi menjadi skuad PSG musim 2018-19, PSG dua kali berturut-turut menjadi juara liga. Mbappe sendiri melesakkan 33 gol dalam 29 kali laga Ligue 1. Titel klub Eropa menjadi  target berikutnya.

Noted.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA