Copa America 2019: Kolombia Kubur Harapan Paraguay

Soccer

Senin, 24 Juni 2019 | 05:38 WIB

190624054029-copa-.jpg

Ekspresi pemain tim nasional Paraguay Ivan Piris (tengah) dan Richard Sanchez (kanan) usai laga pamungkas penyisihan Grup B Copa America 2019 di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Senin (24/6/2019) dini hari tadi.

KOLOMBIA berhasil memetik kemenangan tipis 1-0 atas Paraguay dalam laga pamungkas penyisihan Grup B Copa America 2019 di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Senin (24/6/2019) dini hari tadi. Hasil ini membuat harapan Paraguay melaju ke babak perempat final kandas.

Gol tunggal Gustavo Cuellar jadi penentu kemenangan tersebut, yang sebetulnya sempat digandakan oleh Luis Diaz sebelum VAR campur tangan dan menganulir gol itu, demikian catatan laman resmi turnamen.

Berkat kemenangan tersebut, Kolombia mantap sebagai jawara Grup A dengan koleksi sembilan poin penuh dan melaju ke perempat final didampingi Argentina (4) yang di laga lain menang 2-0 atas juru kunci Qatar (0).

Sedangkan Paraguay (2) meski tipis peluangnya masih mungkin untuk lolos ke perempat final memperebutkan satu tiket tersisa sebagai dua tim peringkat ketiga terbaik. Peru meraih salah satunya karena sudah mengumpulkan empat poin di Grup A.

Paraguay yang punya dua poin dan defisit satu gol hanya bisa berharap laga pamungkas Grup C antara Ekuador (0) kontra Jepang (1) berakhir imbang. Sebab dengan demikian Jepang menempati peringkat ketiga Grup C namun selisih golnya lebih buruk ketimbang Paraguay.

Pelatih Kolombia Carlos Queiroz memutuskan untuk mengistirahatkan bintang utamanya, James Rodriguez, di awal laga karena mereka sudah memastikan diri lolos ke perempat final. Demikian juga penyerang Duvan Zapata yang selalu mencetak gol di dua pertandingan pertama mereka.

Kondisi itu berusaha dimanfaatkan oleh Paraguay dengan mengambil kendali permainan sejak kick off. Namun ironisnya Kolombia tetap lebih dulu membuka keunggulan lewat Cuellar pada menit ke-31.

Gol itu juga terjadi karena keteledoran bek Santiago Arzamendia berusaha menggiring bola keluar dari lini pertahanan Paraguay. Tetapi mendapati bolanya dicuri oleh penyerang gaek Radamel Falcao.

Falcao lantas menyodorkannya untuk disisir Santiago Arias yang sukses melewati Matias Rojas sebelum melepaskan umpan tarik yang mampu disambut Cuellar untuk mengoyak gawang Roberto Fernandez.

Paraguay kembali banyak menguasai bola namun tak pernah bisa benar-benar mengancam gawang Kolombia hingga babak pertama usai maupun di awal babak kedua.

Fernandez malah mendapat tugas berat untuk mengamankan gawang Paraguay pada menit ke-60 demi menggagalkan peluang Edwin Cardona.

Rodriguez masuk di pertengahan babak kedua kembali menebar ancaman. Ia bahkan berhasil mengirimkan umpan yang diselesaikan dengan baik oleh Diaz untuk menaklukkan Fernandez pada menit ke-70. Tetapi gol itu dianulir lantaran Diaz divonis menyentuh bola dengan tangan ketika menerima umpan.

Waktu yang kian menipis tak membantu Paraguay yang tak kunjung benar-benar menciptakan peluang berarti dan laga berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Kolombia.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA