Askot PSSI Kota Bandung Tingkatkan Kualitas PElatih dan Wasit

Soccer

Minggu, 26 Mei 2019 | 19:31 WIB

190526192018-askot.jpg

Ferdy Soegito Putra

SELAIN menguatkan pembinaan pada kategori usia (KU), Askot PSSI Kota Bandung mengku akan segera meningkatkan kualitas pelatih dan wasit yang ada di 36 PS anggota PSSI Kota Bandung.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Askot PSSI Kota Bandung, Yana Mulyana saat acara Kongres Tahunan PSSI Kota Bandung tahun 2019 di Aula Gedung Asprov PSSI Jawa Barat, Jalan Lodaya, Kota Bandung, Minggu (26/5/2019)

"Untuk program di Kongres tahunan ini kita tetap lakukan pembinaan hampir di semua kelompok usia mulai dari 10 tahun sampai 17 tahun. Dan kita mau tingkatkan 36 PS khususnya dari sisi pelatih dan wasit, kita dorong karena tidak semua memiliki," kata Yana

Menurutnya, peningkatan kualitas pelatih dan wasit akan dilakukan melalui kegiatan choaching clinic (pelatihan pelatih) serta mengikut sertakan mereka dalam ujian (lisensi). "Kita dorong, bikin coaching clinic dan peningkatan lisensi, jadi komplit di setiap PS ada pemain, pelatih dan wasitnya," ujarnya.

Untuk dukungan lain, PSSI juga akan terus menggulirkan dan mengikut sertakan para pemain berpotensinya ke agenda kompetisi rutin, hal itu juga sebagai upaya mencari bibit pemain unggul.

"Jadi kewajiban kita di Askot, kita cetak saja sebanyak mungkin pemain yang baik. Selanjutnya kita tinggal dorong ke klub professional. Sebagai jam terbang, karena banyak pemain yang mencari pengalaman," katanya.

Selain itu, menyinggung kontribusi Kota Bandung untuk PON. Menurutnya hal tetsebut juga tidak perlu dibuktikan mengingat pembinaan serta sumbangsih pemain bagi Jawa Barat selalu menjadi yang terbanyak.

"Kita lihat salah satunya Kota Bandung cukup banyak menyumbang tim PON, tidak perlu dibuktikan bahwa pembinaan sepak bola di Kota Bandung berjalan. Seperti Danone kita terus ikut lalu piala KU 12 tahun RK kita ikut, di Thailand kita dorong terus, kenapa? karena sepak bola ini adalah pengalaman," katanya.

Maka untuk mendorong prestasi sepak bola Kota Bandung kedepan pihaknya mengaku akan terus melakukan kolaborasi yang baik termasuk dengan Asprov PSSI Jawa Barat. "Insyaallah kita akan dorong terus bersama Asprov pada dasarnya kita akan support," pungkasnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR