Liverpool Kembali Tersingkir dari Piala FA, Turunkan Trio Belasan Tahun Klopp Membela Diri

Soccer

Selasa, 8 Januari 2019 | 10:13 WIB

190108101302-gagal.jpg

dailymail

Tersingkir dari Piala FA usai takluk 1-2 dari Wolverhampton dalam laga putaran ketiga di Stadion Molineux, Selasa (8/1/2019) dini hari, pelatih Liverpool Jurgen Klopp menjadi sasaran kritik. Arsitek berpaspor Jerman itu dianggap melakukan perjudian dengan sembilan kali pergantian pemain dan menurunkan tiga pemain belia dengan usia 16, 17, dan 18 tahun.

Dikutip dari DailyMail,  dalam laga yang berakhir duka bagi Liverpudlian itu, Klopp memberi kesempatan debut pada tiga pemain remaja dan memilih komposisi tak biasa yang terdiri atas Daniel Sturridge, Divock Origi dan  Alberto Moreno. Hasilnya kekalahan beruntun kedua untuk pertama kalinya musim ini.

It's over.

Dikonfirmasi soal kegagalan dan “FA gambling” ini   Klopp bersikeras dirinya memiliki alasan kuat. Ia menyebut jadwal Natal yang sibuk dan  sakit yang dialami sejumlah pemain senior membuatnya hanya bisa menurunkan   James Milner dan Dejan Lovren dari skuad senior. Tapi Lovren hanya bertahan enam menit akibat cedera hamstring dan Klopp dibuat pusing karena Joe Gomez dan Joel Matip tak masuk line-up.

“Aku terpaksa membuat sejumlah perubahan. Beberapa pemain benar-benar sakir dan di sesi terakhir kami kehilangan Adam Lallana. Setelah laga melawan City sejumlah pemain juga sakit tenggorokan,” ujarnya. Ia menambahkan, “Kita nyaris tak punya peluang dengan hampir semua pemain tak bisa turun. Kami harus membuat perubahan di saat-saat terakhir.”

Lovren hanya bertahan enam menit.

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu juga menjawab pertanyaan yang menyoal keputusannya menurunkan trio belia Liverpool, Rafael Camacho (18), Curtis Jones (17) dan Ki-Jana Hoever (16). Menyebut penampilan ketiganya tak terlalu buruk Klopp mengaku sedikit kecewa.

“Kami di sini bukan untuk memecahkan rekor tim dengan pemain termuda,” katanya. Klopp kemudian menyebut ketiganya bisa tampil lebih baik. “Selama ini mereka ikut berlatih, 10 lawan 10 dan percayalah penampilan ketiganya jauh lebih baik dari malam ini. Mereka ada di lapangan karena memang layak. Semua tampil cukup baik tapi seharusnya  bisa lebih baik lagi,” katanya.

Ki-Jana Hoever (16).

Curtis Jones (17).

Rafael Camacho (18).

Tak hanya kendala pemain, Klopp mengatakan faktor cuaca turut memengaruhi penampilan tim. “Angin sangat tidak bersahabat, semua pemain di lapangan berjuang untuk mengontrol bola, sentuhan pertama sangat sulit. Kami kehilangan banyak bola,” paparnya. Ada lagi? “Sulit bagi para pemain untuk menemukan ritme permainan...”

Oke, done.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR