180711114002-efek-.jpg

dailymail

Kok Bisa?

Efek Solidaritas, MU dan Sporting Lisbon Ikut Kecipratan Megatransfer Ronaldo

Soccer

Rabu, 11 Juli 2018 | 11:40 WIB

Wartawan: Mia Fahrani

Manchester United ternyata bakal ikut mengantongi sejumlah uang menyusul transfer Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke klub yang bermarkas di Turin, Italia, Juventus. Total empat tahun bersama La Vecchia Signora, CR7 bakal menambah pundi-pundinya sekitar €120 juta atau Rp 2 triliun.

Dikutip dari MirrorUK, Rabu (11 Juli 2018) meski tak menyertakan klausul penjualan saat melepas Ronaldo pada tahun 2009, MU tetap mendapat uang kompensasi sesuai regulasi Solidarity Mechanism FIFA. Pasalnya Setan Merah merekrut CR7 saat berusia 18 tahun.

Ronaldo knows about Juventus all too well.. (Image: AFP)

The pricing: see it for yourself.

Pasal 21 hal.25 regulasi menyebut saat pemain profesional hengkang sebelum kontrak berakhir maka klub baru wajib mengganti kompensasi edukasi dan pelatihan klub lama. Lebih detail lagi dijelaskan, untuk setiap musim sejak dikontrak MU dari usia 18-23, klub berhak mendapat 0,5 persen dari total nilai transfer.

Artinya jika Ronaldo bergabung selama enam musim maka MU mendapat enam kali lipat dari £500 ribu (0,5 persen dari nilai transfer Madrid-Juve £88 juta) atau tak kurang dari £3 juta (Rp 56 miliar). Sporting Lisbon juga kecipratan sejumlah dana dari regulasi yang sama dengan nilai kompensasi £2 juta (Rp 37 miliar).

Manchester United ikut kecipratan rezeki. (Image: PA)

CR7 kala berjersey Sporting Lisbon. (Image: Press Association Images)

Regulasi solidaritas sendiri dibuat sebagai apresiasi pada klub yang telah memberi kontribusi waktu, uang dan usaha dalam memoles seorang bintang. Me? Couldn’t agree more.

 

Editor: Mia Fahrani



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR