180709200308-timna.jpg

dokumen galamedianews.com

Timnas Indonesia U-19 Tertinggal 0-1 dari Thailand

Soccer

Senin, 9 Juli 2018 | 20:03 WIB

Wartawan: H. Dicky Aditya

TIMNAS Indonesia tertinggal 0-1 dari timnas Thailand dalam laga terakhir fase grup Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (9/7/2018) malam.

Indra Sjafri benar-benar melakukan rotasi dalam laga kali ini, namun beberapa pemain kunci seperti Nurhidayat Haji Haris, Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, dan Saddil Ramdani tetap dimainkan sejak menit awal.

Tiga pemain tersebut menjadi starter bersama David Kevin, Aji Kusuma, dan M Aqil Savik yang kerap menjadi pemain pelapis.

Tim Garuda Muda tidak terlihat agresif dalam melancarkan serangan seperti ketika menghadapi Laos, Singapura, atau Filipina.

Thailand yang sudah mencetak 14 gol dalam empat pertandingan sebelumnya berhasil menutup ruang-ruang yang biasa menjadi celah bagi Indonesia untuk mengawali serangan.

Tim Gajah Perang mampu membangun serangan namun kesulitan menciptakan peluang di daerah pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-16 Thailand mendapat peluang lewat tendangan jarak jauh Sittichok Paso yang ditepis Aqil Savik.

Menghadapi serangan Thailand yang bergelombang, Timnas Indonesia mencoba memanfaatkan serangan balik. Namun hanya mengandalkan satu atau dua orang untuk menembus pertahanan lawan tidak dapat berbuah hasil.

Selain membangun serangan sendiri, Thailand juga mendapat keuntungan dari kesalahan-kesalahan pemain Indonesia di lini belakang.

Memasuki menit ke-27 giliran Nakin Wisetchat yang menguji ketangguhan Aqil Savik dengan tendangan kencang. Aqil yang sudah terbang ke kanan masih mampu menepis bola yang berbelok dengan tangan kiri.

Indonesia yang terlihat lebih santai dalam membangun serangan beberapa kali mencoba serangan sayap untuk menembus pertahanan Thailand, tetapi pergerakan individu pemain Merah Purih kerap diadang dua sampai tiga pemain lawan.

Menit ke-41 tembakan jarak jauh penyerang Thailand Matee Sarakum mengubah kedudukan. Mendapat umpan dari Sittichok Paso, Sarakum yang tidak terkawal melepas tendangan kencang dari luar kotak penalti yang tidak mampu dijangkau Aqil Savik.

Susunan Timnas Indonesia U-19:
M Aqil Savik; M Rifad Marasabessy, Kadek Raditya Maheswara, Nurhidayat Haji Haris, David Kevin Wato; M Luthfi Kamal Baharsyah, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Alberth Fere; Saddil Ramdani, Hanis Saghara Putra, Aji Kusuma.

Susunan Timnas Thailand U-19:
Nopphon Lakhonphon; Nakon Wisetchat, Kittitach Praniti, Sampan Kesi, Anusak Jaiphet; Nattawut Chootiwat, Kritsana Daokrajai, Thirapak Pruengana; Sittichok Paso, Matee Sarakum, Suphanat Mueanta.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR