Pencak Silat Selangkah Lagi Diakui Sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Seni & Budaya

Jumat, 8 November 2019 | 09:29 WIB

191108093036-penca.jpg

dok

PENCAK Silat selangkah lagi akan diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Saat ini Pencak Silat sudah masuk dalam daftar Intergovernmental Committee For The Safeguarding of The Intangible Cultural Heritage UNESCO.

Rencananya penetapan akan dilakukan pada Convention For The Safeguarding of The Intangible Cultural Heritage yang digelar di Kota Bogota, Colombia 9-14 November 2019.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI, Dr. Nadjamuddin Ramly dalam siaran persnya yang diterima, Jumat (8/11/2019) menginformasikan, tentang hasil rekomendasi badan subsider IHC (Intangible Cultural Heritage) untuk Nominasi Tradisi Pencak Silat Indonesia sudah ada di website ICH. Rekomendasinya, "decides to inscribe".

"InsyaAllah akan tambah lagi satu WBTB (warisan budaya tak benda) Dunia milik Republik Indonesia, akan ditetapkan sebagai Intangible Cultural Heritage," ujar Ramly.

Namun Nadjamuddin mengungkapkan, Malaysia pun ternyata memasukkan pula Silat pada daftar rekomendasi
Intangible Cultural Heritage.

"Ini akan menjadi masalah. Tapi kita optimistis Pencak Silat Indonesia akan diakui sebagai Intangible Cultural Heritage," tegas nadjamuddin.

"Namun pastinya kita menunggu hasil sidang Intangible Cultural Heritage oleh Unesco di Bogota," imbuhnya.

Dalam draft pemeriksaan untuk prasasti pada Daftar Perwakilan dari Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan Ringkasan.

Dokumen ini mencakup rekomendasi Badan Evaluasi mengenai nominasi untuk prasasti pada Daftar Perwakilan dari Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan (Bagian A) dan satu set rancangan keputusan untuk pertimbangan Komite (Bagian B). Gambaran umum dari file 2019 dan metode kerja Badan Evaluasi dicantumkan dalam dokumen LHE / 19 / 14.COM / 10.

Hasil penelusuran Rekomendasi Badan Evaluasi merekomendasikan agar Komite menuliskan elemen-elemen berikut dalam Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan:

Berikut sejumlah draf Keputusan Menyerahkan Negara Pencalonan:

1. Armenia Seni huruf Armenia dan ekspresi budayanya,

2. Austria, Yunani, Italia Transhumance, perburuan musiman ternak di sepanjang rute migrasi di Mediterania dan di Pegunungan Alpen,

3. Bahrain, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Mauritania, Maroko, Oman, Palestina, Arab Saudi, Sudan, Tunisia, Uni Emirat Arab, Yaman Kurma, pengetahuan, keterampilan, tradisi dan praktik,

4. Belgium Ommegang dari Brussels, prosesi sejarah tahunan dan festival populer,

5. Bolivia (Negara Plurinasional) Festival Santísima Trinidad del Señor Jesús del Gran Poder di kota La Paz,

6. Brasil Kompleks budaya Bumba-meu-boi dari Maranhão,

7. Cabo Verde Morna, latihan musik dari Cabo Verde,

8. Siprus, Yunani Nyanyian Bizantium,

9. Perancis, Italia, Swiss Alpinisme,

10. Indonesia Tradisi Pencak Silat

Editor: Brilliant Awal



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA