Sanggar Putra Pujangga Baleendah Juara Pasanggiri Degung se Kabupaten Bandung

Seni & Budaya

Rabu, 14 Agustus 2019 | 21:56 WIB

190814215745-sangg.jpg

whatsapp

SETELAH melewati persaingan cukup berat, Sanggar Seni Putra Pujangga dari Kecamatan Baleendah keluar sebagai juara 1 pada pasanggiri degung se Kabupaten Bandung yang digelar di Gedong Sabilulungan Kabupaten Bandung, Rabu (14/8/2019). Sedangkan juara dua diraih Uparengga Suara (Kec. Banjaran) dan juara 3 sanggar Cantika studio (Kec. Rancaekek).

Sedangkan juara 1 dari Sanggar Saung Kaul (Kec. Ciparay), harapan 2 Putra Cicakengka (Kec. Cicakengka) dan harapan  3 Sanggar Lokatmala Kiwari (Kecamatan Cangkuang). Sedangkan juara Favorit dari SD Andir (Kec. Majalaya).

Keberhasilan SD Andir meraih juara favorit telah diprediksi sebelumnya. Dari 16 peserta pasanggiri degung se-Kabupaten Bandung ini, SDN Andir hanya satu-satunya personelnya dari kalangan anak-anak.

Hal ini seperti dikatakan salah seorang panitia, Heri Wijaya yang mengatakan, SD Andir sangat berpeluang meriah juara favorit. Bahkan Heri pun menyatakan, pihaknya akan memberikan pengghargaan terhadap SDN Andir sebagai bentuk apresiasi.

"Saya ingin memberikan sertifikat dan juara favorit pada SD Andir. Mereka mau bertanding dengan peserta lainnya yang berisi kalangan orang dewasa. SD Andir telah membuka mata hati kita semua, bahwa seni degung ternyata masih digemari dan dipelajari oleh anak-anak SD di Kabupaten Bandung," katanya pada galamedianews.com, Rabu.

Hal yang sama dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Agus Firman Zaini. Bahkan Agus pun meminta pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, agar seni degung lebih diperkenalkan ke sekolah-sekolah.

"Maksudnya, agar anak-anak sekolah lebih mengenal dan mencintai seni tradisi peninggalan seniman terdahulu," tandasnya.

Keberhasilan sanggar seni Putra Pujangga Baleendah ini berhak mewakili Kabupaten Bandung pada pasanggiri degung tingkat Jawa Barat yang akan digelar akhir tahun ini.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA