Siswa SDN Andir Majalaya Peserta Termuda Pasanggiri Degung se Kabupaten Bandung

Seni & Budaya

Rabu, 14 Agustus 2019 | 16:45 WIB

190814215853-siswa.jpg

Kiki Kurnia

RASA haru seketika muncul tatkala menyasikan delapan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Andir Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung tampil di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Rabu (14/8/2019).

Kedelapan siswa SDN Andir ini harus bertanding dengan peserta lain pada pasanggiri Degung se-Kabupaten Bandung yang nota bene telah berusia dewasa, bahkan jauh lebih tua. Namun kepercayaan diri dab ketenangan kedelapan siswa SDN Andir ini mampu memberikan pembeda.

Bahkan, lima dewan juri yang judi juru penilai dibuat termenung oleh penampilan delapan siswa SDN Andir ini. Walau pun ada beberapa terdengar dan terlihat salah ketukan, namun mereka tetap percaya diri membawakan lagu wajib Pajajaran dan satu lagu pilihan hingga tuntas dan mereka pun mendapapat sambutan meriah dari para penonton dan dewan juri.

Pasangggiri degung se-Kabupaten Bandung ini diikuti 16 tim (lingkung seni), salah satunya adalah SDN Andir Dayeuhkolot. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Agus Firman Zaini mengapresiasi keikutsertaan SDN Andir pada pasanggiri degung se Kabupaten Bandung yang sebagian besar diikuti kalangan dewasa.

"Saya takjub dengan keberanian SDN Andir yang mengirimkan siswanya untuk mengikuto pasanggiri degung ini," katanya.

Dikatakan Agus, keiikutsertaan SDN Andir pada pasanggiri degung ini bisa melecut sekolah lainnya mulai dari tingkat SD hingga SMA untuk berlatih seni degung. Diakuinya, jika seni degung ini sudah mulai ditinggalkan masyarakat, terutama kalangan generasi muda di Kabupaten Bandung.

"Namun dengan kehadiran SDN Andir sebagai peserta pasanggiri degung tingkat Kabupaten Bandung, ada sedikit cercah harapan seni degung masih dicintai dan digemari masyarakat," ujarnya.

Menurut Agus Firman, pasanggiri degung tingkat Kabupaten Bandung ini merupakan implementasi dari proses latihan lingkung seni yang ada di Kabupaten Bandung.

"Mereka (para seniman) butuh panggung untuk memperlihatkan hasil latihannya. Dan pasanggiri degung ini merupakan salah satunya," tambahnya.

Agus menyebutkan, siapapun juara dalam pasanggiri degung ini akan mewakili Kabupaten Bandung pada pasanggiri degung tingkat Jabar akhir tahun ini. "Kita berharap hasilnya cukup berkualitas sehingga bisa menjadi wakil Kabupaten Bandung pada pasanggiri tingkat Jabar," katanya.

Sementara salah seorang panitia, Heri Wijaya menyebutkan akan memberikan piagam penghargaan secara khusus pada peserta dari SDN Andir. "Insha Allah kita akan berikan piagam penghargaan pada peserta SDN Andir, ya seperti peserta favorit," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA