16 Tim Bersaing Jadi yang Terbaik pada Pasanggiri Degung Se-Kabupaten Bandung

Seni & Budaya

Selasa, 13 Agustus 2019 | 22:00 WIB

190813215743-16-ti.jpeg

BERDASARKAN data terbaru, 16 peserta (tim) dari berbagai kecamatan di Kabupaten Bandung siap bersaing pada pasanggiri degung tingkat Kabupaten Bandung yang akan digelar di Gedung Budaya Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Rabu (14/8/2019).

Rencananya, pasanggiri degung tersebut digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung akan dibuka oleh Bupati Bandung, Dadang M Nasser.

"Hingga saat ini, rencananya akan dibuka oleh Bupati Bandung dan itu masih tentatif. Kalau pun berhalangan, pasanggiri akan dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Agus Firman, mulai pukul 09.00 WIB," ungkap sala Seorang panitia, Heri Wijaya.

Sementara Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Dr. Aten Sonadi S.Sos. M.Si menyebutkan, hingga hari ini jumlah peserta mencapai 16 grup.

Semua peserta merupakan lingkung seni yang ada di Kabupaten Bandung yang diketahui pernyataan dari Kecamatan masing masing. "Sudah fix, jumlahnya 16 grup yang akan bersaing," ujar Aten dalam siaran persnya, Selasa (13/8/2019).

Maksud dan tujuan dilaksanakan pasangiri degung ini, kata Aten, pertama pasanggiri degung ini dilaksanakan oleh dinas pariwisata dan kebudayaan sebagai upaya pelestarian seni dan budaya di Kabupaten Bandung. Selain itu sebagai bentuk pembiaan dan apresiasi dari Bupati Bandung H. Dadang M. Naser Sh, S.Ip, M.Ip, melalui bidang kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung kepada para seniman dan budayawan, juga bentuk edukasi, tuntunan, hiburan dan tontonan kepada masyarakat bahwa kabupaten bandung kaya dengan seni dan budaya yang perlu dijaga pelestariannya.

"Kemudian perkembangan tembang sunda dan degung di kabupaten bandung, pada masyarakat sangat merindukan ada kagiatan pasanggiri ini, karena tembang sunda dan degung sudah jarang kita kita tonton, sehingga keberadaannya perlu dikembangkan, disamping itu pasangiri ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas para seniman untuk berprestasi sehingga meningkatkàn ekonomi kreatif bidang kebudayaan," paparnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA