Seni Tradisi Adat Ngalaksa Harus Jadi Wonderful Indonesia

Seni & Budaya

Selasa, 16 Juli 2019 | 14:56 WIB

190716145716-seni-.png

Ade Hadeli

WAKIL Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan menghendaki seni tradisi adat "ngalaksa" yang telah menjadi agenda rutin diselenggarakan di rumah adat ngalaksa Desa Wisata Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang, bisa menjadi agenda Kementeriaan Pariwisata atau Wonderful Indonesia.

Hal itu disampaikan Erwan, saat menghadiri perhelatan seni tradisi ngalaksa di lokasi tersebut, Selasa (16/7/2019).

Erwan mengapresiasi tradisi adat Ngalaksa yang di inisiasi oleh tokoh adat Rancakalong,  yang tetap menjaga kelestarian budaya yang diwariskan leluhur Sumedang.

"Seni tradisi itu  merupakan kekayaan budaya milik masyarakat Sumedang. Mudah-mudahan tradisi ngalaksa ini bisa terus lestari. Sehingga bisa menjadi salah aset wisata unggulan, yang dapat memikat wusatan dari luar daerah bahkan manca negara untuk datang kesini (Rancakalong), setiap acara ini digelar," ujarnya.

Selain itu, Erwan berharap tradisi ngalaksa ini, bisa digarap secantik dan semenarik mungkin. Hal itu supaya masyarakat lebih jenuh dengan suguhan yang masih seperti itu saja.

"Harus ada sentuhan lainnya. Ini merupakan wisata yang bisa meniadi salah satu destinasi di Sumedang. Karena itu, harus ada sentuhan yang bisa membawa seni tradisi ngalaksa ini, jadi Wonderful Indonesia," ujarnya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA