Berawal dari Diklat Tari, Satria Lumigar Siap Meramaikan Galamedia Menari Festival

Seni & Budaya

Rabu, 17 April 2019 | 11:43 WIB

190417114607-beral.jpg

dok pribadi

PERINGATAN hari tari seduia (World Dance Day) kurang dari seminggu lagi. Seluruh sanggar pun sudah bersiap untuk merayakan peringatan WDD dan Galamedia Menari Festival  pada 28 April 2019 mendatang di Gedung Pengelolaan Pusat Kebudayaan (PPK) Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.

Salah satu sanggar yang sudah bersiap mengikuti perayaan WDD adalah sanggar Tari Satria Lumigar, Kabupaten Bogor. Sanggar ini merupakan wadah untuk menyalurkan bakat dibidang tari dan sebagai tempat untuk mengembangkan minat (hobi) menari serta untuk mewujudkan prestasi dalam setiap festival lomba baik lokal maupun mancanegara.

Sanggar ini berdiri tahun 1997 di daerah pintu Ledeng Ciomas, Kabupaten Bogor dengan nama Layung Ligar. Seiring berjalannya waktu, maka berubah nama menjadi sanggar tari Satria lumigar tahun 2012 di daerah Bukit Asri Ciomas yang dibina oleh Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor.

Sanggar tari Satria Lumigar adalah sebuah sanggar seni berbentuk Diklat Tari yang di dalamnya terdapat sumber daya manusia yang terdiri dari siswa/siswi sebagai peserta didik dan pelatih sebagai pendidik, dengan kurikulum sebagai berikut
1. Usia 3-6 tahun. Materi tari dasar klasik
2. Usia 7-9 tahun. Materi tari dasar jaipong
3. Usia 10-12 tahun. Materi tari klasik dan jaipong
4. Usia 13-dewasa. Materi tari jaipong

Adapun prestasi yang pernah diraih tentu saja banyak karena kami selalu mengikuti setiap ajang lomba tari baik di kabupaten atau kota Bogor maupun provinsi dan DKI Jakarta.
berikut sebagian data keberhasilan lomba yang kami ingat diantaranya :
1. Juara 1 2 3 dan harapan 1 2 serta favorit di lomba jaipong tunggal maupun rampak se Kebupaten dan Kota Bogor
2. Juara 1 2 3 lomba tari klasik tunggal maupun rampak se Kebupaten dan Kota Bogor
3. Juara 1 di Pesbukers
4. Juara 2 di ANTV.

Pengembangan dan pelestarian sanggar ini berupa pementasan yang dikelola oleh Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor maupun personal dalam bentuk job pernikahan, sunatan, opening ceremony, tari helaran, tari kolosal 2000 penari ronggeng geber di bandung dan lain-lain.

Sistem pengajaran di sanggar Satria lumigar menggunakan sistem kasih sayang dan konvensional yaitu pelatihan tidak menggunakan cermin sebagai alat bantu tapi kami menggunakan metode zaman dulu dengan penyaluran gerak dengan melatih teknik gerak terlebih dahulu. jadwal latihan sanggar tari Satria lumigar secara rutin dilaksanakan setiap hari Minggu jam 09.00 pagi sampai dengan 15.00. Adapun kelas tambahan hari jumat jam jam 15.00 sore sampai dengan jam 17.00 sore. untuk gabung di sanggar ini tinggal call 0856 9333 7592.

Selain akan mengikuti perayaan WDD, Sanggar Tari Satria Lumigar ini pun menjadi bagian dari 3500 Ronggeng Geber Bandung yang akan digelar di CFD Dago, Minggu (28/4/2019) mendatang.

Selain itu, Satria Lumigar pun mengirimkan sejumlah anak didiknya untuk mengikuti Galamedia Menari Festival di Gedung PPK Jln Naripan Bandung, pada Jumat - Sabtu (26-27/4/2019). Berikut nama peserta tersebut, tunggal dewasa (Siti solehah), Duet anak-anak (Nazwa Aulia & Raisa Ramadhani), dan kelompok Remaja (Dara Rahmatia, Nadira Prayuvitasari, Riyani Dwi Nafisa, siti Afifah, siti Solehah)

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR