Kabupaten Bandung Barat Simpan Potensi Seni dan Budaya

Seni & Budaya

Sabtu, 23 Februari 2019 | 20:31 WIB

190223203151-kabup.jpg

Dicky Mawardi

KABUPATEN Bandung Barat menyimpan  potensi seni dan budaya tradisional yang sangat besar.  Kekayaan itu menjadi sumber kekuatan ekonomi apabila dikemas secara baik.

"Setiap desa di Bandung Barat memiliki akar seni dan budaya yang kuat. Itu patut dilestarikan bahkan menjadi potensi ekonomi luar biasa yang bisa mengembangkan daerah setempat," kata Ketua DPC Manggala Garuda Putih KBB, Usep Sukarna saat ditemui di dalam gelaran pentas seni budaya sunda di kompleks Pemda KBB, di Ngamprah. Sabtu (23/2/2019).

Dikatakannya, pelestarian seni dan budaya menjadi salah prioritas program pengurus DPC Manggala Garuda Putih, KBB, periode 2019-2024 yang dilantik dan dikukuhkan, Sabtu (23/2/2019).

Menurutnya, sebagai organisasi kemasyarakatan yang didominasi pemuda, memiliki keinginan untuk ikut melestarikan seluruh potensi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, salah satunya seni dan budaya.

"Bali itu tersohor hingga ke mancanegara karena masyarakatnya, memegang teguh seni dan budayanya.  Bandung Barat juga memiliki kultur seperti itu, itulah potensi yang mesti terus digali," paparnya.

Kehadiran Manggala, lanjut Usep, harus memberikan manfaat dan kebaikan untuk masyarakat. Melalui pendekatan seni dan budaya inilah akan melahirkan citra positif tentang organisasi kemasyarakatan.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR