PT Jasa Marga Langsung Evaluasi Beroperasinya GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama

Ramadan

Senin, 27 Mei 2019 | 09:10 WIB

190527091239-pt-ja.jpg

prfm

PT Jasa Marga menyampaikan, mulai Kamis, 23 Mei pukul 00.00 WIB, Gerbang Tol atau GT Cikarang Utama yang berada di KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek tidak ada transaksi lagi. Transaksi di GT tersebut resmi pindah ke GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama.

Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti mengatakan, pada hari pertama pengoperasian, terjadi kepadatan menjelang GT perpindahan. Hal itu terjadi lantaran pengguna tol belum terbiasa. 

"Hari pertama (pengoperasian) terjadi kepadatan, karena beberapa pengguna belum terbiasa. Ada juga yang saldonya kurang," kata Irra seperti dikutip dari PRFM, Senin (27/5/2019). 

Sebelumnya transaksi di Tol Jakarta-Cikampek terbagi kedalam dua sistem. Yang pertama ruas Cawang-Cikarang Barat yang menggunakan open sistem atau sistem terbuka. Kemudian ruas Cikarang Barat-Cikampe yang menggunakan close sistem. Namun, sejak 23 Mei kemarin, semua ruas menggunakan open sistem, sehingga transaksinya berada di GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama. 

Jasa Marga dan Korlantas Polri telah melakukan evaluasi terhadap pengoperasian dua GT tersebut. Pertama, Jasa Marga sudah melakukan perbaikan dengan menambah proporsi jumlah gardu untuk kendaraan non golongan I.

Sebelumnya, di GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama, Jasa Marga membagi gardu untuk kendaraan golongan I dan non golongan I. Namun, karena jumlah proporsi lebih banyak kendaraan golongan 1, akhirnya Jasa Marga merubah gardu menjadi multi golongan. 

"Kami rubah menjadi multi golongan, untuk menambah kapasitas kendaraan non golongan I," tambahnya. 

Selain itu untuk  mengantisipasi saldo pembayaran tol kurang, Jasa Marga bekerjasama dengan perbankan untuk menambah mesin top up tunai di Tol.

"Kita juga kerjasama dengan perbankan untuk menjual uang elektronik di gerbang (gerbang tol), kita tambah juga jumlah petugas mobile reader untuk menjemput transaksi," katanya. 

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR