Polda Jabar Pastikan Jalur Selatan Jabar Aman Dilalui Saat Arus Mudik dan Balik

Ramadan

Minggu, 26 Mei 2019 | 11:00 WIB

190526104759-polda.jpg

prfm

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Jawa Barat memastikan bahwa untuk jalur selatan aman untuk dilalui. Terutama jalur alternatif yang akan dilalui oleh masyarakat yang akan mudik dan balik lebaran 2019.

"Jalur alternatif aman, beberapa tempat sudah diperbaiki oleh pemerintah daerah," ujar Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol M. Aris seperti dikutip dari PRFM, Minggu (26/5/2019).

Setelah dicek, Aris menyampaikan jalan Cihaurbeuti yang digunakan sebagai jalur alternatif ke Ciamis menghindari Tasikmalaya Kota aman untuk dilalui.

"Tapi hanya sempit saja, diharapkan masyarakat berhati hati. Bisa digunakan untuk berpapasan kendaraan, namun tidak bisa seperti jalan tol," tambahnya.

Selain jalur alternatif, jalur utama yang rawan longsor juga sudah diantisipasi pihaknya bersama stakeholder terkait. Seperti jalan cadas pangeran yang beberapa waktu lalu sempat longsor kini sudah dipastikan aman karena pekerjaan tembok penahan tebing sudah rampung.

"Panjang tembok penahannya 15 meter dan tingginya 3 setengah meter. Baru diselesaikan pekerjaannya 15 april kemarin," kata Aris.

Bekerja sama dengan Kementerian PU PR, Aris juga memastikan keamanan di daerah Gentong dengan menempatkan Pos dan menyiapkan alat berat apabila terjadi Longsor.   

Selain itu, sistem buka tutup pun jadi cara ampuh pihak kepolisian apabila ada kemacetan di Jalur Nagreg arah Limbangan pada arus mudik dan balik lebaran nanti.

"Kemacetan disana karena banyak pasar tumpah, maka nanti oleh Polres Garut dan Polres Bandung menyiapkan sistem buka tutup," ujarnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR