Dishub Jabar Persiapkan Jalur Wisata Saat Libur Lebaran

Ramadan

Selasa, 21 Mei 2019 | 18:57 WIB

190521185800-dishu.jpg

DINAS Perhubungan (Dishub) Jawa Barat melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah terkait jalur wisata selama libur Lebaran 2019. Jalur wisata dinilai kerap terlupakan karena hanya fokus pada jalur mudik.

Padahal, Kepala Dishub Jabar, Hery Antasari mengatakan, jalur wosata pada musim libur panjang menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dan pemerintah kabupaten/kota.

Jalur wisata yang diantisipasi ialah Pangandaran, Cipanas, Puncak, dan Garut. Apalagi, ada peningkatan volume kendaraan yang menggunakan jalur darat.

"Kita juga menjajaki program dengan tranportasi online untuk mendorong membantu mengurangi pemakaian kendaraan pribadi di kota tujuan mudik. Misalnya, memberikan diskon bagi pemudik yang tidak bawa kendaraan pribadi," tuturnya dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung, Selasa (21/5/2019).

Selain itu, pihaknya memberi kompensasi bagi delman karena dilarang beroperasi selama 7 hari. Penarik delman mendapat Rp 75.000 per hari pada saat arus mudik dan balik.

"Untuk delman akan dikoordinasikan oleh kabupaten/kota. Biasanya banyak di persimpangan non-bermotor. Misalnya, di Garut sudah menerapkan kebijakan ini. Persiapannya melalui APBD kabupaten/kota," tuturnya.

Arus mudik tahun ini mengusung isu keselamatan. Untuk fasilitas lalu lintas, baru terpasang 28 persen.

"Memang ada rambu-rambu lalu lintas yang belum mencukupi. Makanya, kita imbau kepada instansi lain untuk ikut memasang rambu," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR