Sepekan Ramadan, Harga Bawang Putih di Pasar Guntur Ciawitali Turun Drastis

Ramadan

Senin, 13 Mei 2019 | 20:27 WIB

190513202849-sepek.jpg

net

Ilustrasi.

MEMASUKI sepekan bulan Ramadan, harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Garut kembali berangsur normal. Pasokan yang melimpah membuat harga bawang putih bisa kembali stabil.

Rinda Rabanda (28), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Guntur Ciawitali Garut menyebutkan, saat ini harga bawang putih berada di kisaran Rp 35 ribu per kilogram. Padahal sebelum Ramadan harga bawang putih mencapai hingga Rp 70 ribu per kilonya.

"Turunnya drastis. Kalau sebelum Ramadan harganya naik karena stok barangnya memang sedikit. Tapi sekarang pasokan dari Cirebon sudah mulai banyak," ujarnya di Pasar Guntur Ciawitali Garut, Senin (13/5/2019).  

Menurut Rinda, pasokan bawang putih dari Cirebon merupakan bawang impor. Setelah pasokan melimpah, harga bawang kembali berangsur normal. Para pedagang pun tak lagi mengeluhkan sulitnya pasokan seperti yang terjadi sebelum Ramadan.

"Kalau sebelum Ramadan, pedagang sempat mengeluh karena sulitnya pasokan barang, sehingga harganya pun otomatis naik. Sepekan Ramadan harga sempat turun ke Rp 50 ribu dulu. Baru kemarin harganya jadi Rp 35 ribu," ucapnya.

Rinda menyebut, tak menutup kemungkinan harga bawang putih bisa kembali turun karena saat ini stok masih melimpah. Biasanya harga bawang akan kembali naik  ketika mendekati Idul Fitri.

"Memang di pertengahan Ramadan biasanya harganya turun dulu. Tapi seperti yang sudah-sudah harganya akan naik kembali saat mendekati Lebaran. Mungkin karena banyak permintaan," katanya.  

Rinda menuturkan, selain bawang putih, sejumlah komoditas sayuran lainnya di Pasar Guntur Ciawitali juga mengalami penurunan harga, diantaranya kentang, kol, bawang merah lokal, dan berbagai jenis cabai.

Seperti bawang merah lokal, saat ini harganya berada di kisaran Rp 15 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram. Begitu juga cabai merah, dari Rp 45 ribu per kilogram turun menjadi Rp 24 ribu per kilogram.

"Untuk cabai rawit, dari Rp 25 ribu sekarang menjadi Rp 12 ribu per kilonya," katanya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR